News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Tak Hanya Sehat, Oatmeal Bisa Bikin Cantik dan Awet Muda

Editor: Anita K Wardhani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TRIBUNNEWS.COM - Oatmeal biasa dijadikan salah satu menu sarapan yang sehat. Selain ditengarai baik untuk kesehatan jantung, oatmeal juga berkhasiat untuk menghaluskan dan melembutkan kulit. Anda ternyata bisa membuat aneka produk kecantikan dari oatmeal yang ditambahkan bahan-bahan lain yang mudah di dapat. Ingin tahu apa saja yang bisa Anda buat?

1. Masker Kulit (wajah dan tubuh) .
Campurkan ½ gelas gandum mentah (oats ) atau yang instan dengan air. Setelah tercampur rata, biarkan selama 5 menit. Kemudian tetesi bubur oatmeal tadi dengan 2-3 tetes tea tree oil . Balurkan pada kulit wajah dan tubuh sambil dipijat halus, sampai terbalur rata. Biarkan selama 5-10 menit, kemudian bilas dengan air. Fungsi masker ini untuk mengangkat sel kulit mati dan menghilangkan bakteri yang tumbuh di permukaan kulit, yang membuat kulit tampak kusam.

2. Sampo Kering.
Gunakan blender, penggiling kopi (coffee grinder ), atau food processor  untuk menghaluskan oatmeal, sampai benar-benar halus. Kemudian campurkan dengan baking soda  dengan perbandingan 1:1. Selanjutnya, balurkan pada kulit kepala dan rambut, sambil memijat bagian kulit kepala selama beberapa menit hingga rambut terbalur merata. Kemudian sisir rambut hingga sisa oatmeal tak terlihat lagi.

3. Scrub Wajah .
Oatmeal merupakan bahan sempurna yang mudah didapat untuk dijadikan pembersih dan pengangkat sisa kotoran pada wajah. Haluskan 2 sendok makan oatmeal, tambahkan 1 sendok teh baking soda.  Selanjutnya, biarkan dan simpan di dalam wadah berpenutup kedap udara. Jika ingin digunakan, ambil beberapa sendok makan dan taruh di atas telapak tangan Anda, tambahkan sedikit air sampai mengental seperti bubur. Balurkan pada wajah sambil dipijat perlahan dengan cara memutar selama 60 detik, lalu bilas.

4. Scrub Tubuh. 

Campurkan ¼ gelas oatmeal, 1 sendok makan madu, dan 2 sendok makan minyak zaitun. Aduk semua bahan sampai tercampur rata. Anda bisa tambahkan minyak zaitun 1-2 sendok teh lagi hingga oatmeal tampak seperti pasta. Balurkan pada tubuh sebagai scrub, terutama pada tangan dan kaki, sambil lakukan pemijatan agar aliran darah menjadi lancar.

5. Menyamarkan Perbedaan Warna Kulit. 

Warna kulit yang berbeda akibat terbakar sinar matahari, bekas gatal akibat digigit serangga, atau luka bekas cacar air yang sulit dihilangkan, kini bisa disamarkan dengan oatmeal. Caranya, masak oatmeal dengan air, lalu sisihkan sampai suhunya normal kembali. Balurkan pada kulit yang berwarna beda akibat bekas luka tadi. Biarkan hingga kering selama 10 menit, lalu bilas hingga bersih.

6. Masker Awet Muda .

Campurkan 1 sendok makan oatmeal dengan 3 sendok makan susu organik hangat. Lalu campurkan dengan sedikit jus wortel segar dan satu kapsul vitamin A. Balurkan pada kulit wajah dan leher, diamkan selama 30 menit hingga mengering. Kemudian cuci dan bilas wajah sampai bersih dengan air.

7. Sabun Mandi.

Belilah oatmeal yang sudah dalam bentuk bubuk atau tepung gandum. Ambil 1 gelas penuh oatmeal bubuk tadi, lalu basuhkan ke tubuh Anda saat mandi di bawah pancuran atau air yang mengalir. Gosok badan Anda dengan tepung oatmeal selama 15 menit. Kemudian bilas tubuh hingga bersih. (Intan Y. Septiani/iVillage/Tabloidnova.com)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini