News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Jurus Rawat Cooker Hood Biar Tetap Kempling

Editor: Fajar Anjungroso
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Bau dan asap yang menyebar selama memasak makanan terkadang terasa menyengat hidung dan bikin perih mata. Kegiatan menggoreng pun biasanya menyebabkan area sekitar dapur jadi berminyak. Dapur menjadi lengket dan terasa tidak higienis. Nah , agar dapur terbebas asap , bisa dengan cooker hood .

Bila di dapur terdapat jendela atau area terbuka tentu akan lebih baik, karena asap dapat mengalir keluar. Menjadi masalah bila dapur tidak memiliki jendela atau bersebelahan langsung dengan ruang makan, atau bahkan living room , seperti kondisi pada unit apartemen yang kecil. Ruangan jadi terasa lengket, tidak nyaman, serta tentu menjadi tidak sehat, karena banyak kotoran menempel menjadi sarang kuman.

Untuk kondisi seperti itulah perangkat cooker hood  menjadi pilihan. Perangkat ini akan membuat dapur bebas asap bertugas menghisap asap hasil proses memasak dan minyak yang mengudara bersamanya, sehingga ruangan lebih bersih dan sehat. Namun, mengingat budaya memasak bangsa kita yang banyak menggunakan bumbu dan minyak, perhatikan frekuensi memasak untuk mendapatkan cooker hood .

Kunci menjaga peralatan dapur tetap awet adalah dengan perawatan yang tepat. Berikut ini adalah cara penting untuk merawat  cooker hood .

•    Yang utama untuk dirawat adalah grease filter . Untuk membersihkannya, cukup lepas grease f i lter  dari unit cooker hood . Rendam dengan air hangat 10-15 menit, agar sisa minyak keluar. Setelah itu, sikat dengan sikat halus dan sabun cuci piring yang lembut. Selesai dicuci, jemur sampai kering dan pasang kembali.

•    Bila terdapat wadah penampung minyak (oil cup ) seperti pada cooker hood  Electrolux tipe EFC9572X, maka setiap kali penuh harus dibuka. Buang minyak hasil tampungan, dan cuci. Setelah itu buka grease filter  dan bersihkan.

Bagi yang memiliki cooker hood  dengan sistem resirkulasi menggunakan charcoal filter ataupun  karbon aktif, cek ulang kerja filter tersebut setiap setahun sekali. Bila sudah tidak efektif, maka harus diganti.

Tanda kerja penyaring udara ini sudah tidak efektif adalah bila bau di ruang sulit hilang meski cooker hood  sudah dinyalakan saat memasak. Sebelum membeli, usahakan agar bisa melihat peragaan alat tersebut secara langsung di showroom  produsen. Pastikan kemampuan dan kemudahan cara pakainya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini