News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Cuka, Pembersih Jitu yang Bikin Kulkas Lebih Awet

Editor: Anita K Wardhani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TRIBUNNEWS.COM - Kulkas memang alat rumahtangga yang paling sering digunakan, tapi seringkali kita mengabaikan kebersihan alat ini. Mulai dari makanan, minuman, sampai bahan- bahan dapur tersimpan rapat dikulkas.

Kalau alat ini sudah menyimpan segala macam, yuk luangkan waktu untuk membersihkannya. Cek cara membersihkan kulkas menggunakan cuka , agar kulkas mu tetap awet!

Alat dan Bahan:

1. Air yang dicampurkan cuka.

2. Sikat gigi.

3. Lap (sebaiknya jangan yang berbahan polyester.)

4. Keset.

Cara pengerjaan
* Kosongkan isi kulkas. Keluarkan terlebih dahulu bahan makanan yang ada di dalam kulkas. Simpan di tempat penyimpanan sementara yang bersih.

* Lakukan proses pencairan es. Sebelumnya, siapkan gulungan kain majun dan keset. Letakkan di sisi kulkas. Bila perlu, siapkan ember.

* Agar proses membersihkan berlangsung aman, cabut aliran listrik pada kulkas. Untuk membersihkan bunga es yang tersisa, bukalah pintu kulkas sampai esnya mencair.

* Setelah kering, keluarkan semua rak dalam kulkas. Pisahkan, lalu cuci dengan sabun cair. Setelah bersih keringkan. Lebih baik jemur di tempat yang kena sinar matahari.

* Seka bagian dalam kulkas dengan lap yang telah dicelup dengan larutan cuka. Cara ini dilakukan untuk menghilangkan bau di dalam kulkas.

* Tunggu sampai bagian dalam kulkas kering. Bersihkan rak kulkas dengan menggunakan sikat gigi.

* Sementara itu, siapkan bahan yang akan kembali dimasukkan. Atur cara penyimpanan sehingga mudah menjangkau bahan makanan yang paling sering dikonsumsi. Tempatkan bahan berukuran besar di bagian belakang.

* Tempatkan bahan yang mudah membusuk (daging, ikan) pada area terdingin. Bahan bumbu, saus, kecap, dapat disimpan dalam rak pintu kulkas.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini