News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Rambut Basah Boleh Disisir tapi Ada Syaratnya

Editor: Fajar Anjungroso
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TRIBUNNEWS.COM – Merawat rambut merupakan hal yang ternyata tidak mudah dalam praktiknya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menyisirnya agar tidak kusut.

Akan tetapi, ada anggapan yang menyatakan menyisir rambut saat masih dalam keadaan basah sangat tidak dianjurkan karena akan membuat rambut menjadi rusak dan susah diatur. Benarkah demikian?

Meri Kate O'Connor, pakar pewarnaan rambut senior dan pendidik pada Eva Scrivo Salon di New York City, Amerika Serikat menyatakan tidak ada salahnya menyisir rambut dalam keadaan basah. Akan tetapi, hal ini tergantung pada jenis sisir yang Anda gunakan untuk menyisir rambut.

"Kami menggunakan sisir sikat berbentuk melingkar ketika mengeringkan rambut klien kami dengan alat pengering rambut. Selama Anda membiarkan sisir Anda mengeringkan dengan benar dan memastikan bahwa sikatnya tidak membuat rambut menjadi kusut, sebenarnya tidak masalah," ungkap O'Connor.

Menurut O'Connor, sisir dengan kualitas yang bagus akan meluncur dengan mulus di antara helaian rambut dan tidak akan menyebabkan rambut Anda menjadi kusut. Selain itu, ada pula jenis sisir yang dilengkapi dengan bola kecil di setiap ujung mata sikat. Namun, O'Connor memperingatkan bahwa bola kecil ini dapat membuat helaian rambut tersangkut dan akhirnya rambut menjadi rontok.

Meskipun demikian, kata O'Connor, tidak sedikit wanita yang memilih untuk tidak menyisir rambut yang masih dalam keadaan basah. Kebiasaan ini lazim dilakukan oleh para wanita yang memiliki rambut kering. Alasannya, bila disisir saat basah, maka gelombang rambut akan menjadi berkurang.

"Banyak wanita berambut keriting tidak menyisir rambut mereka yang masih basah karena mereka merasa hal tersebut akan mengganggu integritas kekeritingan rambut mereka. Namun, tidak peduli apakah Anda menyisir dalam keadaan rambut basah atau kering, pastikan Anda melakukannya dengan lembut. Sebab, menyisir dengan keras akan menciptakan kerusakan pada tiap helai rambut bahkan hingga ke pangkalnya," jelas O'Connor.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini