News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Anti Bau Apek

Waspada, Walau Di Rumah Aja, Benda Ini Jadi Tempat Bersarang Kuman

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi sofa yang jadi salah satu tempat berkumpulnya kuman di rumah.

TRIBUNNEWS.COM - Saat masa karantina atau di rumah saja, kita tak boleh lengah untuk tetap membersihkan perabotan atau benda-benda di rumah yang jadi tempat menempelnya kuman.

Selalu digunakan setiap hari, tentunya tempat dan barang tersebut menjadi ancaman serius terutama menyangkut kesehatan anggota keluarga. Jadi di mana sajakah dan apa sajakah tempat dan barang tersebut? Dirangkum dari berbagai sumber berikut listnya.

Helm

Bagi mereka yang harus keluar rumah untuk keperluan penting dengan motor harus berhati-hati. Dilansir dari otomotifnet.com, helm ternyata menjadi tempat berkumpulnya bakteri dan jamur bahkan mengeluarkan bau yang tidak sedap akibat keringat yang keluar ketika menggunakan helm yang bagian dalamnya berbahan kain.

Iklim Indonesia yang tropis pun turut menambah keringat yang dihasilkan sehingga jika jarang dibersihkan tak ayal membuatnya jadi tempat berkumpulnya bakteri Staphylococcus Aureus yang dapat menyebabkan kulit kepala gatal, ketombe, jerawat, bisul, dan infeksi kulit yang rumit.

Sepatu

Alas kaki satu ini walaupun nyaman digunakan ternyata jika jarang dibersihkan jadi lokasi sempurna bagi kuman untuk berkumpul. Dilansir dari bobo.grid.id, menurut ahli mikrobiologi dari Universitas Arizona ada sekitar 421.000 bakteri yang berada di bagian luar sepatu dan 2.887 yang berada di bagian dalam sepatu. Kuman atau bakteri yang menempel pada sepatu termasuk sepatu berbahan kain akan menyebabkan bau apek.

(Shutterstock)

Bakteri yang menempel pun beragam, mulai dari Escherichia coli, Klebsiella pneumonia, dan Serratia ficaria yang bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan seperti kaki bau dan masih banyak lagi.

Karpet

Masa karantina membuat benda ini lebih sering digunakan. Benda ini adalah karpet. Dilansir dari Tribun Bali, menurut Penelitian ternyata karpet jauh lebih kotor bila dibandingkan dudukan toilet. Setiap 1 inci perseginya, karpet memiliki 200.000 bakteri. Sedangkan dudukan toilet hanya 50 bakteri saja.

Apalagi selain bakteri, karpet juga menyimpan banyak debu, tungau, jamur, yang juga sangat berbahaya bagi kesehatan. Maka dari itu, walaupun terlihat bersih karpet haruslah rutin dibersihkan.

Seprai dan Sarung Bantal Tidur

Duo yang selalu hadir di tempat tidur ini jika tak dibersihkan secara rutin dapat mengundang berbagai kuman. Bertumpuknya kulit mati dan rambut membuat seprai dan sarung bantal jadi cepat bau, ditambah dengan debu dan hadirnya tungau tentu menjadikan dua benda ini sangat berbahaya jika tak dibersihkan secara rutin.

Sofa

Saat masa karantina, sofa jadi lebih sering digunakan mulai dari makan, berkumpul bersama keluarga, tidur, hingga bermain jadi sebagian aktivitas yang sering dilakukan di atas sofa. Namun tahukah jika sofa ternyata bisa jadi sarang kuman terutama jika jarang dibersihkan? 

Kombinasi dari debu, sisa-sisa makanan yang berjatuhan, dan kondisi kain sofa yang lembab membuat tempat ini jadi lahan sempurna kuman untuk berkembang biak.

Oleh sebab itulah agar tak khawatir tempat-tempat dan barang-barang di atas jadi lahan sempurna kuman berkembang biak, membersihkannya secara rutin sangatlah dianjurkan. Untuk perabotan dan benda-benda seperti yang disebutkan di atas, semprotkan spray anti bakteri sekaligus pewangi seperti Stella Fabric Spray yang ampuh membunuh 99,9 persen kuman penyebab bau apek.

Berkat O.F.F (Odor Fighting Formula), spray penghilang bau apek ini mampu membunuh kuman sejak semprotan pertama. Stella Fabric Spray juga mengandung Benzalkonium Chloride yang tervalidasi oleh National Environment Agency (NEA) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sebagai produk pembunuh kuman dan virus

Stella Fabric Spray ini juga sangat aman digunakan karena berbahan dasar air sehingga tidak menimbulkan noda dan mampu wangi sepanjang hari sehingga kuman dan bau apek tak akan kembali.

Hanya tinggal geser pengunci ke kiri atau kanan pada leher botol kemudian menyemprotkannya, produk ini mampu membunuh 99,9 persen kuman penyebab bau apek. Selain untuk sofa, Stella Fabric Spray juga ampuh membunuh kuman pada gorden, helm, karpet, dan beragam perabotan serta benda-benda berbahan kain lainnya. Dapatkan Stella Fabric Spray dengan harga menarik di Godrej Official Store JD ID, klik di sini.

Penulis: Firda Fitri Yanda/Editor: Dana Delani

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini