News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Anak Tidak Lewati Fase Merangkak Tapi langsung Berjalan, Apakah Itu Normal?

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Willem Jonata
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dalam proses pertumbuhan, sebagian anak-anak yang tidak mengalami fase merangkak. Mereka langsun bisa berjalan.

Pertanyaannya, apakah kondisi anak yang langsung bisa berjalan ini normal?

Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi, dr. Roy Dwi Indra Sp.KFR menyebutkan kalau sudah terlanjur langsung berjalan tidak masalah.

Jika anak langsung bisa berjalan menurut dr. Roy tidak mengganggu kondisi kognitif dalam tumbuh kembang anak tersebut.

"Kalau kasusnya sudah lewat jauh alias sudah bisa berjalan ya tidak udah dipaksa lagi untuk merangkak, merangkak bagus untuk kognitif tapi tidak selalu melalui fase itu," ungkap dr. Roy saat live bersama RS Eka Hospital, Senin (6/7/2020).

Baca: Benarkah Anggapan Sering Digendong Ibunya Bakal Jadi Anak Mami Ketika Besar? Ini Kata Psikolog

Namun bagi orang tua yang punya anak bayi yang sedang ingin berjalan sebaiknya dilatih anak dari fase duduk kemudian mengangkat badan merangkak.

Merangkak yang mampu menunjang kognitif anak juga mampu melatih kekuatan tulang dan keseimbangan anak sebelum mampu berjalan.

Balita belajar jalan (NET)

"Saat ini memang merangkak periode penting dalam perkembangan kognitif anak, jadi bagusnua tetap merangkak dulu," ucap dr. Roy.

Psikolog Siti Sa'diah Syam M.Psi saat anak belajar jalan dorongan dari orang tua sangat membantu timbulnya keinginan bisa berjalan.

Pertama bisa dibantu dengan menaruh barang kesukaan anak-anak di depan sehingga anak berusaha menggapainya maupun orang tua yang duduk didepan supaya anak mau meraihnya.

"Mainan anak bahkan orang tua yang duduk sambil membuka tangan seperti menyambut anak itu bisa kok memancing timbulnya covid-19," kata Siti.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini