News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Perubahan Hormon Sebabkan Rambut Rontok Sesudah Melahirkan

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Malvyandie Haryadi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

ILUSTRASI

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perubahan hormon pada wanita yang sedang mengandung dan saat melahirkan akan sangat mempengaruhi penampilan rambut.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Ary Widhyasti Bandem, SpKK menjelaskan saat hamil hormon estrogen pada ibu hamil akan meningkat.

Karena hormonnya bagus maka rambut ibu hamil biasanya lebih mengkilap dan ber-volume sehingga mudah ditata sehingga membuat penampilan ibu hamil lebih glowing.

Baca: Penurunan Hormon dan Trauma Bisa Menurunkan Hasrat Bercinta Pada Wanita

"Pas hamil hormon estrogen banyak rambut seperti subur dan seperti banyak tapi nanti abis melahirkan berubah," ucap dr. Ary saat live bersama Perdoski beberapa waktu lalu.

Kemudian setelah melahirkan hormon kembali berubah, ada perubahan hormon yang membuat rambut akan rontok hingga jeda waktu sampai enam bulan pasca melahirkan.

"Pasca melahirkan dan masih menyusui normal sebetulnya terjadi kerontokan, dibiarin aja juga nanti tumbuh sendiri," ungkap dr. Ary.

Baca: Konsumsi Obat Steroid Tanpa Resep Dokter, Risikonya Rusak Hormon hingga Organ Hati

Tapi kalau merasa rontoknya sudah tidak wajar atau lebih dari 100 helai per hari disarankan periksakan ke dermatologist sebelum terjadi kebotakan.

Nanti akan di cek dari potongan rambut apakah rontok karena hormon, cara perawatan yang salah atau kekurangan nutrisi.

"Gizinya juga perlu dilihat karena saat memberikan ASI kan berbagi nutrisi dengan anak jadi rontok, pas melahirkan banyak pendarahan, ada kekurangan vitamin itu bisa dicek, kalau keramas jangan terlalu kenceng juga," pungkas dr. Ari.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini