News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Mengenal Istilah Inner Child dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Penulis: Aisyah Nursyamsi
Editor: Eko Sutriyanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi anak

Laporan Wartawan Tribunnews.com Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Istilah inner child mungkin jarang terdengar oleh masyarakat umum. Namun belakangan, isu ini sempat menjadi perbincangan. 

Inner child merupakan sekumpulan peristiwa masa kecil, yang baik atau buruk, dan membentuk kepribadian Anda seperti sekarang ini.

Menurut psikolog Sistrianova M.Psi, Inner child mencakup aspek-aspek yang membangun kepribadian seseorang sejak masa kecil. Sekumpulan peristiwa yang didapat seseorang di masa kecil akan membentuk kepribadian individu. 

Pengalaman dan pengetahuan saat masa kecil, bisa merupakan peristiwa baik atau buruk. Berdasarkan penelitian pada Psikologi perkembangan, masalah psikologis diasumsikan berawal dari perkembangan masa anak dan remaja. 

"Proses pada masa pertumbuhan akan tampil dan mempengaruhi relasi serta interaksi dengan orang lain, juga dalam memilih pasangan hidup atau pekerjaan saat dewasa," katanya pada Tribunnews, Rabu (26/5/2021)

Selain itu, inner child dapat memengaruhi cara individu bersikap ketika merespons suatu masalah. Peristiwa buruk pada masa anak-remaja dapat membekas dan bisa menyebabkan masalah psikologis dimasa dewasa. 

Oleh karena itu menurut Nova penting untuk memperhatikan bagaimana pola pengasuhan pada anak.

Orang tua atau pengasuh memenuhi kebutuhan dasar psikologis atau emosi anak. Hal ini bertujuan agar Inner child tidak terluka.
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini