News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Mau Jadi Ibu yang Bahagia Saat Merawat Balita? Ini Dia Tips Mujarabnya

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Willem Jonata
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Organic Parenting Talkshow dengan tema “Great Mom Strong Child” yang menghadirkan dr Tiwi SpA MARS, dokter spesialis anak, dan artis Zaskia Sungkar bersama putranya, Ukkasya.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hasiolan Eko P Gultom
 
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kunci sukses merawat anak balita adalah kebahagiaan ibunya.

Pesan khusus itu disampaikan dr Tiwi SpA MARS, dokter spesialis anak, yang kebetulan adalah dokter Ukkasya, putra Zaskia Sungkar dalam Organic Parenting Talkshow dengan tema “Great Mom Strong Child” yang diadakan oleh PT Hassana Boga Sejahtera, belum lama ini.

Untuk bahagia, kegiatan menyusui sangat membantu. dr Tiwi mengaku, sering sedikit memaksa para ibu yang sedang galau di kliniknya, untuk menyusui.

Baca juga: Dari Pengalaman, Friska Asta Berbagi Ilmu Soal Parenting

Hal ini karena dalam proses menyusui ada kontak fisik bayi dan ibu di payudara.

Proses inilah yang memenuhi syarat-syarat yang akan mempengaruhi hormon yang menggerakkan sifat keibuan, yaitu hormon prolakin dan oksitosin.

Sentuhan ibu dan bayi akan merangsang hormon ini. Inilah kunci menjadi seorang ibu dan seorang ibu yang berbahagia.

dr Tiwi melanjutkan, hormon oksitosin menurunkan kecemasan dan menaikkan kebahagiaan. Begitu ibu bahagia, dia paham kebutuhan bayi dan lingkungan.

"Tuhan telah menciptakan dengan begitu indahnya, proses seorang wanita menjadi ibu yang hatinya, dalam lirik lagu yang popular selalu ingin memberi, tak mengharap kembali," kata dia dalam acara tersebut seperti dikutip, Selasa (15/2/2022).

Baca juga: Penerapan Mindful Parenting Efektif Ubah Kebiasaan Makan Anak yang Salah

Menurutnya, setelah proses menyusui selama 3 bulan, kebahagiaan akan terpancar dari ibu sendiri secara otomatis. Bahkan, ini berlaku untuk ibu adopsi yang tidak menyusui.

Dengan sering menyentuh saja bayinya, meletakkan bayi di dada ibu secara terus menerus, akan muncul hormon keibuan. Proses skin to skin ibu dan anak juga sangat berguna.

Dokter Tiwi juga berbagi tips MPASI, yaitu tidak perlu berteori. Makanan yang ibunya makan, bisa dikonsumsi bayinya. Misalnya soto dengan ayamnya dengan nasinya.

Senada, artis Zaskia Sungkar juga mengungkapkan keistimewaan dari momen memberikan ASI atau mengASIhi, menurutnya benar – benar magical.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu, putranya terserang demam tinggi. Pun, ASI nya begitu berlimpah.

Memberikan ASI menjadi kegiatan yang menurutnya paling penting dan sangat dijaga, terkait dengan tumbuh kembang putranya.

Lantaran itu, dia juga merekomendasikan makanan pendamping ASI dengan konsep homemade.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini