News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Manfaat Ekstrak Kolostrum untuk Kulit Bayi yang Rentan Iritasi

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Willem Jonata
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

ILUSTRASI Bayi Baru Lahir Positif Virus Corona, Memunculkan Kemungkinan Penularan Ibu dan Anak dalam Kandungan

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Setelah dilahirkan, kulit bayi beradaptasi dengan lingkungan baru dan sangat rentan terhadap berbagai faktor pemicu iritasi.

Untuk itu, penting memilih produk perawatan bayi dengan kandungan yang mampu memenuhi kebutuhan sekaligus melindungi barrier kulit bayi.

dr. Arini Widodo, Sp.KK selaku dokter spesialis kulit dan kelamin menyarankan, untuk memilih produk perawatan kulit bayi yang mengandung kolostrum.

"Terdapat berbagai riset yang menunjukan berbagai benefit kolostrum secara oral, dan beberapa riset menunjukan potensi benefit untuk kulit secara topikal,” jelas dr. Arini saat temu media daring bertema Yang Pertama, Yang Berharga yang diadakan secara virtual pada Kamis (17/3/2022).

Baca juga: 5 Tren Perawatan Kulit Berbahaya yang Viral di TikTok, Baiknya Hindari!

Kolostrum merupakan kandungan yang tergolong aman, dan dalam penelitian in vitro berpotensi dalam memperbaiki barrier (sawar) kulit, mengurangi penguapan air di kulit sehingga dapat berperan dalam menjaga kelembaban kulit.

Kolostrum kaya akan berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, termasuk kesehatan kulit.

Kolostrum mengandung berbagai nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak, lactoferrin.

Kemudian bisa berfungsi sebagai antibodi, faktor pertumbuhan, kaya akan vitamin (Vit A, Vit B6, Vit B12, Vit C, Vit D, Vit E dan Vit K) dan mineral (Kromium, Natrium, Magnesium, Kalsium, Tembaga, Besi dan Zinc).

Ilustrasi bayi baru lahir. (parents.com)

“Banyak riset mengenai kolostrum pada kulit masih on-going untuk digali kembali potensi-potensi lainnya yang dapat bermanfaat untuk kulit,” kata dr. Arini.

Kolostrum merupakan air susu pertama yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia pada tahap akhir kehamilan atau beberapa hari setelah proses melahirkan.

Kolostrum berwarna kekuningan dengan tekstur kental dan pekat, serta mengandung nutrisi yang lebih tinggi.

Menyadari pentingnya memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit bayi telah mendasari aktris Tengku Dewi Putri tak mau sembarangan.

Baca juga: Dokter Kulit Sebut Jerawat Penyakit, Apakah Penggunaaan Skincare Solusi Tepat? Ini Penjelasannya

Aktris cantik ini menyatakan kekhawatirannya dalam merawat kulit bayi sehingga ia membutuhkan produk perawatan bayi yang senantiasa membantunya menjaga kulit sang buah hati.

“Formula yang aman, terjamin kualitasnya dan manfaat ekstrak kolostrumnya menjawab kebutuhan saya untuk memberikan perawatan terbaik untuk buah hati,” kata Tengku Dewi Putri.

Rizma Ariefiani selaku Head Brand Portfolio Strategy & Innovation Pure Baby mengatakan, ekstrak kolostrum yang terdapat dalam setiap produknya berasal dari sapi yang memiliki banyak manfaat, karena tinggi protein dan antibodi.

Tak hanya untuk dikonsumsi, nyatanya kini ekstrak kolostrum juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan kulit.

“Kami memahami betapa berharganya kandungan air susu pertama (kolostrum) tersebut, oleh karena itu kami diformulasikannya secara khusus untuk mampu membawa manfaat dari ekstrak kolostrum agar bisa merawat dan menjaga kehalusan kulit bayi serta teruji secara dermatologi,” lanjut Rizma.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini