News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Libatkan Keluarga Besar, 7 Hal Ini Harus Dipersiapkan di Pernikahanmu, Cincin Kawin Penting!

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Libatkan Keluarga Besar, 7 Hal Ini Harus Dipersiapkan di Pernikahanmu, Cincin Kawin Penting.

TRIBUNNEWS.COM - Cincin kawin adalah simbol cinta sakral yang harus dipertimbangkan matang saat acara pernikahan. Di Indonesia, acara pernikahan tidak hanya tentang dua mempelai, tapi juga melibatkan peran keluarga besar. Banyak hal yang harus dibicarakan dan dipersiapkan, terutama cincin kawin yang tidak kalah krusial.

Tak hanya cincin kawin yang penting, dalam memutuskan persiapan lain, calon mempelai juga harus mempertimbangkan keputusan atau peran keluarga besar masing-masing, seperti venue, undangan, konsep pernikahan, juga harus mempertimbangkan keluarga.

Hal ini karena budaya komunal yang masih kental dianut oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, Sosiolog dan Pakar Hukum Adat Djojodigoeno mengatakan, perkawinan bukan ikatan perjanjian atau kontrak dua orang saja—yang biasanya disimbolkan dengan cincin kawin.

Cincin kawin dan lain-lain wajib dipersiapkan untuk menciptakan pernikahan yang spesial. Setidaknya, ada 7 hal penting harus dipersiapkan agar pernikahan berjalan lancar dan dapat menyenangkan kedua belah pihak. Yuk, simak!

1. Persiapkan Venue yang Tepat

Pertama, kamu harus menentukan venue yang tepat untuk menggelar rangkaian acara pernikahan, mulai dari lamaran, pertunangan, akad nikah sampai resepsi. Karena melibatkan keluarga besar dari kedua mempelai, venue pernikahan harus mulai dibicarakan sejak awal.

Saat memilih venue pernikahan, nantinya kedua mempelai akan mendengarkan masukan dari masing-masing keluarga besar. Mulai dari jumlah tamu undangan yang nantinya diundang dan memperkirakan kapasitas venue yang ada.

2. Bikin Undangan Spesial untuk Anggota Keluarga

Di samping cincin kawin, undangan juga perlu dibahas bersama keluarga besar, mulai dari menentukan siapa saja tamu yang harus diundang. Bahkan dalam beberapa kasus, undangan spesial juga harus dibikin, alias berbeda dari undangan yang disebar ke teman-teman.

Biasanya, undangan spesial ini untuk anggota keluarga tertentu yang memang punya kedudukan dalam adat. Jadi memang perlu diskusi dengan keluarga, baik dari mempelai pria dan wanita, perihal undangan pernikahan.

3. Dresscode Berbeda untuk Setiap Keluarga

Bagi kebanyakan keluarga Indonesia biasanya punya dresscode ketika menggelar pernikahan. Selain untuk pengantin dan para bridesmaid, setiap keluarga juga bisa meminta dresscode yang berbeda.

Dresscode setiap keluarga yang berbeda juga harus diperhatikan, agar tetap sesuai warna dan temanya dengan konsep pernikahan kamu.

4. Kuantitas dan Kualitas Katering Pernikahan

Tak kalah esensial dari cincin kawin, pernikahan berikutnya adalah katering, yang biasanya calon pengantin melakukan survei rasa dan harga lebih dulu sebelum memesannya.

Namun pemilihan katering pernikahan juga harus didiskusikan dengan keluarga besar. Karena nantinya pernikahan bukan hanya dikenang oleh kedua mempelai, tapi juga oleh dua keluarga besar.

5. Menentukan Dekorasi

Sebelum membahas cincin kawin, konsep dekorasi pernikahan juga harus dipersiapkan matang, dengan melibatkan kedua keluarga. Apakah konsepnya adat, nasional atau sederhana saja. Nantinya konsep pernikahan akan menentukan dekorasi dan venue pernikahan yang akan digunakan.

6. Baju dan Tata Rias Pengantin

Selanjutnya, yang akan menjadi sorotan utama selain cincin kawin, adalah baju dan tata rias pengantin. Baju pengantin yang indah dipandang tentu akan mengesankan para tamu dan akan meninggalkan kesan baik bagi para tamu undangan.

Tata rias pengantin juga sering mendapatkan perhatian tamu undangan ketika acara pernikahan. Memilih makeup artist (MUA) juga harus disesuaikan dengan konsep pernikahan, agar kamu tampil memukau sepanjang acara.

7. Cincin Kawin

Yang terakhir dan tak kalah penting adalah cincin kawin. Selain sebagai tanda cinta, cincin kawin juga sebagai simbol yang menyatukan dua individu dan dikenakan untuk selamanya.

Oleh karena itu, kamu dan pasangan perlu memiliki rekomendasi cincin nikah yang indah dan berkualitas. Cincin kawin yang berkualitas bukan hanya meninggalkan kesan sakral untuk kedua individu, tetapi juga kesan baik bagi keluarga dari kedua belah pihak.

Akan tetapi, sayangnya dari semua persiapan, cincin kawin adalah hal yang paling sering luput dari keterlibatan pihak keluarga besar. Yang biasa terjadi, kedua keluarga besar selalu membicarakan konsep pernikahan, katering, tetapi masih jarang yang menitikberatkan cincin kawin.

Padahal, selain simbol yang menyatukan dua individu, cincin kawin juga bisa menjadi penanda bersatunya dua keluarga besar yang masing-masing punya latar belakang berbeda.

Koleksi Cincin Tunangan dan Cincin Kawin The Palace. (ISTIMEWA)

Jika kamu sudah mulai mempersiapan pernikahan, ada baiknya kamu melihat rekomendasi model cincin tunangan dan cincin kawin dari Central Mega Kencana (CMK), yakni koleksi dari The Palace (Kekaseh), MONDIAL (Celina dan Moira), Frank & co. (Alegria, ‘You Complete Me’, Aureola, Wedding Ring Promo).

Koleksi dari The Palace terdapat model cincin tunangan terbaru dan cincin kawin bernama Wedding Ring Kekaseh. Sementara, MONDIAL memiliki rekomendasi cincin nikah, yakni koleksi cincin kawin dengan nama Celina dan Moira. Moira menjadi salah satu model yang paling digemari, dengan desain huruf m tampak samping, yang melambangkan MONDIAL.

Koleksi Cincin Lamaran Terbaru dan Cincin Kawin Frank & co. (ISTIMEWA)

Sementara itu, masih ada Frank & co. dengan satu cincin lamaran terbaru, yakni Alegria dan tiga koleksi cincin kawin yaitu ‘You Complete Me’, Aureola, dan Wedding Ring Promo.

Selain rekomendasi cincin nikah dan sederet persiapan pernikahan, CMK bekerja sama dengan Bridestory, mengusung campaign berjudul ‘Kapan Nikah’, campaign yang bertujuan meningkatkan makna cincin kawin sebagai simbol penting pernikahan.

Lewat kampanye ini, CMK juga siap mendukung dan mendampingi para calon pengantin untuk mempersiapkan pernikahan impiannya, khususnya menemukan cincin kawin yang tepat.

Melalui campaign ‘Kapan Nikah?’ ini, CMK memberikan edukasi persiapan pernikahan lewat serangkaian kegiatan, khususnya mengenai pentingnya pemilihan model cincin tunangan, cincin lamaran terbaru, dan cincin kawin, yang masuk dalam daftar teratas hal yang harus didahulukan pada persiapan pernikahan. Kamu bisa meng-klik link ini untuk melihat detail campaign ‘Kapan Nikah?’.

Yang tak kalah menarik, sebagai bagian dari campaign ‘Kapan Nikah?’, juga akan diluncurkan mini series dengan judul ‘No Ordinary Love’ yang terdiri dari tiga episode dan akan resmi meluncur di platform digital pada 28 Juli 2022.

Ketiga episode mini series ini tayang pada tanggal 28 Juli (episode 1), 4 Agustus (episode 2) dan 11 Agustus (episode 3).

“No Ordinary Love” dibintangi oleh aktor muda populer, yakni Amanda Rawles, Axel Matthew Thomas, dan Riza Irsyadillah. Mini series ini bercerita tentang cinta dan pengorbanan, mulai dari tenaga, waktu, serta pengorbanan seseorang untuk dapat berkompromi serta mewujudkan visi jangka panjang bersama dengan pasangan.

Tak hanya itu, “No Ordinary Love” juga menceritakan tentang keberanian untuk mengambil keputusan untuk mengikuti kata hati dan memilih dengan siapa ia harus menghabiskan sisa hidupnya.

Episode pertama mini series “No Ordinary Love” bercerita tentang Raia dan Ryan sebagai sepasang sahabat yang penuh kasih sayang. Akan tetapi, cinta mereka lebih dari sekadar ‘sahabat’. Suatu hari, Ryan memberanikan diri untuk melamar Raia dengan model cincin tunangan dari CMK. Lantas, bagaimana hubungan keduanya? Saksikan episode pertama “No Ordinary Love” di channel YouTube resmi CMK Club. Yuk, tonton di sini!

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini