News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Cegah Anak Kecanduan Bermedia Sosial, Manfaatkan Aplikasi untuk Berikan Aktivitas Positif

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Eko Sutriyanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Anak-anak yang kecanduan game online dan media sosial menjadi kekhawatiran banyak orang tua. Anak-anak yang sudah terpapar media sosial biasanya tidak mudah untuk menguranginya namun orangtua tidak perlu pesimistis. Caranya, antara lain dengan memberikan beragam aktvitas positif ke anak di akhir pekan atau setelah jam sekolah, dengan memanfaatkan aplikasi yang memberi manfaat positif pada anak

Laporan Wartawan Tribunnews.com Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anak-anak yang kecanduan game online dan media sosial menjadi kekhawatiran banyak orang tua. Anak-anak yang sudah terpapar media sosial biasanya tidak mudah untuk menguranginya.   

Namun orangtua tidak perlu pesimistis. Caranya, antara lain dengan memberikan beragam aktvitas positif ke anak di akhir pekan atau setelah jam sekolah, dengan memanfaatkan aplikasi yang memberi manfaat positif pada anak.

"Aplikasi ini dirancang dengan mengadopsi pola pikir sosok orang tua, menawarkan cara yang efektif untuk menemukan dan memesan berbagai aktivitas yang memunculkan kebahagiaan dan menginspirasi perkembangan anak-anak di luar jam sekolah," ungkap Helena Irma, Co-Founder Happy Kamper.

Dijelaskan, untuk mencegah anak bermain media sosial tanpa henti, orang tua dapat merencanakan petualangan akhir pekan atau aktivitas menarik setelah jam sekolah.

Selain pengguna, platform yang bisa diunduh melalui App Store dan Play Store ini juga berfungsi sebagai tempat bagi penyedia layanan (provider) untuk bisa menampilkan penawaran mereka secara langsung ke keluarga yang sedang mencari aktivitas berkualitas dan terpercaya untuk anaknya.

Baca juga: Reaksi Titi Kamal Usai Mengetahui Foto Nikahannya dengan Miller Khan Viral di Media Sosial

Di aplikasi ini terdapat banyak pilihan aktivitas untuk anak-anak dari beragam level usia, termasuk kelas seni, olahraga, les musik, kelas tari, akses taman bermain, dan banyak lagi.

Selain itu, stiap aktivitas di platform ini melewati pemeriksaan ketat untuk memastikan telah memenuhi standar keamanan.

"Selain itu, ulasan dan penilaian dari para pengguna memberikan wawasan berharga dari sesama orang tua, menciptakan komunitas terpercaya di mana anak-anak dapat berkembang," ujarnya dikutip Minggu, 17 Juni 2024.

Jared Prellwit yang juga co- founder menjelaskan, platform cukup ramah pengguna karena memungkinkan orang tua lebih banyak menjelajahi berbagai aktivitas, membandingkan, dan memesan aktivitas dengan cara yang mudah.

Opsi pencarian sudah mencakup lokasi, kelompok usia, dan jenis aktivitas.

Orangtua akan menerima pemberitahuan pengingat sehari sebelum aktivitas, lengkap dengan kode QR agar bisa masuk lebih cepat tanpa antre.

"Di aplikasi ini anak-anak dapat menjalin persahabatan, berbagi pengalaman, dan tumbuh bersama”, kata Helena Irma.

“Jaringan penyedia layanan aktivitas dalam 11 kategori berbeda di aplikasi ini tersebar di 100 lokasi di kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bogor, Bandung, Tangerang, Bekasi, dan Depok.

Beberapa penyedia yang telah bergabung diantaranya,  Playfield, Bartega, Motion Studio, Hooray, Happy Kiddy, The Parlor Hills, Babesntots, D’kandang Farm dan lain-lain.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini