News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Hari Kebaya Nasional

Memakai Kebaya Biru, Iriana Dampingi Presiden Jokowi Hadiri Hari Kebaya Nasional

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Anita K Wardhani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri peringatan Hari Kebaya Nasional di Istora Senayan, Jakarta, Rabu, (24/7/2024). Jokowi hadir didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi.

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri peringatan Hari Kebaya Nasional di Istora Senayan, Jakarta, Rabu, (24/7/2024). Jokowi hadir didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi.

Presiden tampak mengenakan batik lengan panjang, sementara Iriana mengenakan kebaya berwarna biru. Presiden hadir sekitar pukul 9.36 WIB.

Baca juga: Mengenal Filosofi Kebaya bagi Perempuan Indonesia, Dalam Rangka Hari Kebaya Nasional 2024

Peringatan Hari Kebaya Nasional tersebut digelar oleh Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) yang merupakan organisasi federasi Perempuan yang terbesar dan tertua di Indoesia.

"KOWANI merupakan wadah dari 104 organisasi wanita di tingkat pusat dengan lebih dari 100 juta anggota perempuan dari seluruh Indonesia dengan latar belakang,
profesi, agama, pendidikan dan budaya yang berbeda-beda," ujar Ketua Umum Kowani Giwo Rubianto Wiyogo.

Ia mengatakan ditetapkannya tanggal 24 Juli sebagai Hari Kebaya Nasional oleh Presiden Joko Widodo merujuk pada Kongres Wanita Indonesia X yang dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia pertama Soekarno dimana seluruh peserta mengenakan kebaya, pakaian nasional wanita Indonesia.

"Melalui Peringatan Hari Kebaya Nasional, para perempuan Indonesia dan generasi penerus bangsa dapat terus bersinergi dalam melestarikan kebaya sebagai salah satu budaya bangsa dengan menetapkan kebaya sebagai salah satu busana Nasional," katanya.

Menurut dia mengembangkan kebaya dan melestarikannya, tak hanya dapat memperkuat identitas bangsa tetapi juga memperkuat dalam segi ekonomi.

"Berkebaya bagi seorang perempuan tidak saja untuk mengartikulasikan dirinya melalui pakaian, namun memiliki pemahaman yang luas, mulai dari identitas sampai wujud cinta bangsa. Dalam rangka melestarikan budaya bangsa, maka kegiatan “Bangga Berkebaya” pada peringatan Hari Kebaya Nasional merupakan langkah strategis," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini