News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Warga di Seram Barat Maluku Ini Segera Nikmati Layanan Listrik 24 Jam

Editor: Setya Krisna Sumarga
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Petugas Taman Nasional Manusela dan PLN memeriksa titik-titik penancapan tiang listrik yang akan elayani warga di Kecamatan Seram Utara, Kabupaten Seram Barat, Provinsi Maluku.

TRIBUNNEWS.COM, MASOHI – Aliran listrik ke wilayah Kecamatan Seram Utara di Kabupaten Seram Barat sebentar lagi akan menyala 24 jam.

Selama ini wilaya itu hanya bisa menikmati listrik di kala malam saja. Layanan 24 jam ini akan terealisasi jika pembangunan jaringan listri

"Selama ini mereka hanya nikmati listrik di malam hari, tapi tak lama lagi listrik 24 jam sudah bisa dinikmati warga di sana," ujar Mhd Zaidi, Kepala Taman Manusela.

Saat ini PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara mulai melakukan penancapan tiang listrik di sepanjang kawasan Taman Nasional (TN) Manusela Wilayah I Wahai, Seram Utara, Maluku Tengah.

" PLN sudah mulai menentukan titik koordinat guna penancapan tiang listrik sepanjang kirang lebih 10 kilo di kawasan Taman Nasional Manusela Wilayah I Wahai," lanjut Zaidi di Masohi, ibu kota Kabupaten Seram Barat.

Selama masa pembangunan jaringan listrik yang melewati area TN Manusela, Zaidi pastikan mereka terus mengawal langsung pegawai lingkup Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Wahai.

Hal itu agar pembangunan jaringan listrik tidak berakibat terhadap rusaknya ekosistem lebih luas di dalam kawasan TN Manusela.

" Konsekuensi pasti ada karena penebangan sepanjang jalur jaringan listrik akan dilakukan. Tapi PLN juga berusaha meminimalkan penebangan pohon,” tandasnya.

Disebutkan, kabel listrik yang akan digunakan PLN juga ramah terhadap satwa.

"Jadi kabel yang disiapkan juga ramah terhadap satwa di dalam kawasan," imbuh Zaidi.

Dasar pekerjaan jaringan listrik oleh PLN di kawasan Taman Nasional Manusela diawali Perjanjian Kerjasama Antara Kepala Balai TN Manusela dengan PT. PLN (Persero) Nomor : PKS.447/T.48/TU/UM/07/2022 dan Nomor: 0040.Pj/HKM.02.01/C17000000/2022.

Yakni tentang Pembangunan Strategis yang Tidak Dapat Dielakkan Berupa Pembangunan, Pengoperasian dan Pemeliharaan Infrastruktur Ketenagalistrikan Jaringan Tegangan Menengah (JTM) 20 kV di Taman Nasional Manusela.(Tribunnews.com/TribunAmbon/Lukman Mukadar)

ARTIKEL INI JUGA TAYANG DI ; 

Baca Selanjutnya: Tak lama lagi warga seram utara nikmati listrik jam

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini