News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

In Memoriam

Wartawan Kompas Abun Sanda Dimakamkan Pagi Ini di Karawang

Editor: Agung Budi Santoso
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Yasser (dua kanan), kelas II SMP, putra pertama wartawan senior dan mantan Direktur Bisnis harian Kompas, Abun Sanda (52), didampingi kerabat melihat jenazah ayahnya yang disemayamkan sementara di Poliklinik Kompas Gramedia, kawasan Palmerah, Jakarta Pusat, Kamis (4/4/2013) malam. Almarhum meninggal akibat serangan jantung yang dialaminya saat sedang bertugas di kantor redaksi harian Kompas, sekitar pukul 16.45 WIB. Ia sempat mendapat pertolongan dokter dan dibawa ke Poliklinik Kompas Gramedia untuk mendapat pertolongan sebelum meninggal dunia. TRIBUNNEWS/DH Sapto Nugroho

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA
Empat malam disemayamkan di rumah duka, jenazah wartawan Kompas, Antonius Abun Sanda (52), pagi ini, Senin (8/4/2013), akan dimakamkan di Taman Kenangan Lestari, Karawang, Jawa Barat.

Menurut rencana, pemakaman akan dilakukan sekitar pukul 10.00 WIB.

Sekretaris Redaksi Kompas, Retno Bintarti, menyatakan, jenazah diberangkatkan dari Rumah Duka Dharmais, Jalan S Parman, Jakarta, pukul 08.00 ini dan langsung menuju Karawang dengan diantarkan keluarga dan kerabat.

Rombongan pelayat juga berangkat dari kantor Kompas Gramedia di Jalan Palmerah Selatan sekitar pukul 07.00 tadi. Empat unit bus mengangkut pelayat yang terdiri dari rekan kerja dan para sahabat Kompas Gramedia.

Seperti diberitakan, Abun Sanda meninggal dunia Kamis lalu di ruang kerjanya, Redaksi Kompas, sekitar pukul 17.05, karena serangan jantung. Sebelum mengalami serangan jantung, dia masih sempat menyelesaikan tulisan terakhirnya dan mengirimkannya ke editor Desk Ekonomi.

Abun yang meninggalkan dua orang anak itu bergabung dengan Kompas sejak 1987 sebagai calon koresponden di Makassar. Dia kemudian pindah ke Jakarta dan menjadi wartawan di sejumlah desk.

Selama berkarier di Kompas, dia pernah menduduki berbagai jabatan, antara lain Wakil Kepala Desk Ekonomi, Wakil Kepala Desk Metropolitan, Kepala Desk Metropolitan, Kepala Desk Nusantara, Kepala Desk Ekonomi, dan Direktur Bisnis PT Kompas Media Nusantara.

Sejak Kamis malam lalu, jenazah Abun disemayamkan di Rumah Duka Dharmais yang dipenuhi karangan bunga dari para sahabat, kerabat, dan narasumbernya. Sejak di Dharmais, setiap malam diselenggarakan Misa Kudus yang selalu dipenuh para pelayat.

Terakhir, Minggu malam kemarin, Misa dipimpin oleh Romo Sindhunata SJ yang juga kakak iparnya. Anita, istri Abun, yang telah meninggal dunia pada 2009 lalu, adalah adiknya Romo Sindhu. (M. Suprihadi)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini