News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Artefak Dicuri

Komisi X DPR Akan Panggil Mendikbud M Nuh

Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Direktur Jenderal Kebudayaan Kacung Marijan (kanan) menunjukan gambar lempengan benda bersejarah yang hilang dicuri, saat jumpa pers dengan wartawan di Museum Nasional, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (12/9/2013). Diketahui empat benda bersejarah berupa lempengan terbuat dari emas hilang dari lemari tempat penyimpanan, di ruang Arkeologi gedung A, lantai 2 Museum Nasional. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi X DPR RI berencana memanggil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), M Nuh, terkait raibnya beberapa benda bersejarah di Museum Gajah, Jakarta.

“Pasti kita agendakan untuk memanggil Mendikbud, sesegera mungkin bersamaan dengan rapat lainnya nanti,” kata Anggota Komisi X DPR RI, Abdul Kadir Karding, ketika dikonfirmasi, Jumat, (13/9/2013).

Menurut dia, kejadian seperti itu seharusnya tidak terjadi jika pengelola museum melaksanakan tugas dengan baik dan benar.

"Prinsipnya bahwa seluruh tempat-tempat  bersejarah harus ada pengamanan yang lebih canggih lagi. Itu prinsip dasar. Harus dijaga sebab barang-barang bersejarah memiliki nilai tinggi,” kata Karding.

Dia juga mendesak aparat keamanan mengusut hilangnya barang bersejarah itu agar bisa diurai masalahnya, motif dan seterusnya. "Secara hukum pelaku harus dijatuhi sanksi sesuai aturan,” kata dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini