News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Warga Bantaran Waduk Ria Rio Bertahan Dibawah Terpal

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Warga waduk Ria Rio digusur

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akhirnya menggusur warga Waduk Ria Rio yang tinggal di lahan Adam Malik, Sabtu (30/11/2013) pagi. Pasca penggusuran, warga memilih bertahan di tenda yang mereka bangun sendiri.

Mamat (53) warga RT 7/15 Pedongkelan, Pulogadung, Jakarta Timur menuturkan, dirinya tak habis pikir, rumah yang sudah ditempatinya sejak 1990 rata dengan tanah hanya dalam waktu sekejap. Dirinya mengaku, tak ada pemberitahuan sebelum penggusuran dilakukan.

"Nggak ada yang kasih tahu. Tiba-tiba subuh, warga sudah pada ngeluarin barang dari rumah. Nggak lama terus banyak petugas bongkar," kata Mamat, saat ditemui di lokasi, Senin (2/12/2013).

Sejak saat itu, Mamat beserta istri dan kedua anaknya memilih mendirikan tenda yabg terbuat dari terpal tak jauh dari rumahnya. Setidaknya, tenda itu cukup untuk menutupi dirinya dan keluarga serta perabotan rumah yang masih bisa diselamatkan.

"Nggak ada bantuan makanan, minuman, atau apa gitu. Cuma tenda aja tuh. Itu juga sudah penuh. Makannya saya buat sendiri," ujarnya.

Uang kompensasi senilai Rp 4 juta pun belum diterimanya sama sekali. Padahal, dirinya sudah mendaftarkan diri sebagai warga yang mendapat unit di Rusun Pinus Elok.

"Sepeser juga belum dapet sampai sekarang. Kalau dikasih Rp 1 juta dulu juga nggak cukup," lanjutnya.

Pria asal Kuningan, Jawa Barat itu pun berpikir untuk mencari rumah kontrakan sambil menunggu unit rusun. Terlebih, dirinya belum tahu kapan unit itu bisa dihuninya.

"Kalau lama ya terpaksa cari kontrakan dulu. Mau gimana lagi, daripada di sini," katanya.

Sebelumnya, sebanyak 1.800 petugas gabungan Satpol PP, Polri dan TNI melakukan penertiban di lahan seluas 2,1 hektar di Pedongkelan, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur yang diklaim milik keluarga mantan Wakil Presiden RI, Adam Malik, Sabtu (30/11/2013) pagi.

Penertiban ini, merupakan bagian program normalisasi Waduk Ria-Rio ini. Alat berat mulai meratakan hunian sekitar 250 kepala keluarga (KK), sekitar pukul 05.30 WIB. Sebagian besar bangunan dalam keadaan kosong karena penghuninya telah direlokasi ke Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Pinus Elok, Cakung.

Sementara warga yang beranggapan tinggal diatah Adam Malik menolak untuk dipindahkan ke Rusunawa Pinus Elok.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini