News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ahok Nilai Bus Rapid Transit Lebih Efektif Ketimbang Monorel

Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sejumlah kendaran masih saja nakal melewati jalur biu TransJakarta di Jalan Ragunan, Jakarta Selatan. Pemprov DKI berwacana membuat Bus Rapid Transit (BRT), untuk mengurai kemacetan. Yaitu integrasi busway dan bus umum. Oleh sebab itu pemprov DKI akan menggandeng perusahaan bus swasta ukuran sedang dan reguler dibolehkan masuk jalur busway. --------------- Warta Kota/adhy kelana

Laporan Wartawan TRIBUNnews.com, Nicolas Timothy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menilai pembangunan monorel tidak efektif dari segi bisnis. Menurutnya, pengentasan kemacetan Jakarta lebih visibel dengan menjalankan program Bus Rapid Transit (BRT).

"Yang paling cepat itu ya Bus Rapid Transit. Sama seperti di Koridor satu. Tiap satu menit ada bus nya," ujar Basuki atau akrab disapa Ahok di Balai Kota, Jakarta, Kamis (27/2/2014).

Menurut Ahok, kajian bahwa menerapkan Bus Rapid Transit sebagai salah satu cara yang ampuh sebagai solusi mengatasi kemacetan digunakan di beberapa negara dengan alasan pelaksanaan program yang cepat.

Sebab, pemerintah tidak perlu membangun infrastruktur sedemikian rupa, namun hanya perlu menyediakan bus dengan jumlah yang banyak.

Selain Bus Rapid Transit, mantan Bupati Belitung Timur ini juga mengatakan membangun kereta api lingkar layang atau loop line merupakan salah satu cara yang juga dinilai efektif. Namun, pembangunan moda transportasi berbasis rel memerlukan waktu.

"Memang di seluruh dunia juga berbasis rel. Untuk basis rel butuh waktu," ucap Ahok.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini