News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

DPRD Nilai PT Jakarta Monorail Berbohong Soal Iklan di Tiang Monorel

Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Gusti Sawabi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Iklan yang dipasang di tiang-tiang monorel

Laporan Wartawan TRIBUNnews.com, Nicolas Timothy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi B DPRD Provinsi DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi menilai PT Jakarta Monorail (JM) berbohong apabila tidak mengetahui kemana fee iklan yang terpasang di tiang monorel.

"Itu bohong. Sekarang tanya kemana uangnya itu. Dia kan diminta untuk membangun monorel masa sekarang mengambil uang iklan," ujar Prasetyo di Jakarta, Rabu (5/3/2014).

Prasetyo menduga pihak JM sengaja menarik uang dari pembayaran iklan yang tujuannya untuk membayar tiang-tiang monorel yang masih dimiliki oleh PT Adhi Karya yang total pembayaran 90 tiang tersebut sebesar Rp193 miliar yang nominalnya ditentang oleh JM.

"Mungkin juga karena uang iklan itu mengumpulkan dana untuk membayar Adhi Karya dari uang iklan. Kalau dilihat dari utang itu kan banyak banget. Itu apa sanggup dibayar dengan uang iklan itu? Kan tidak," ujar Prasetyo.

Prasetyo menambahkan, sebaiknya PT JM fokus dalam pembangunan monorel. Sebab, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo telah mempercayai pembangunan ini kepada PT JM.

Seperti diberitakan sebelumnya, Direktur PT JM, Sukmawati Syukur mengakui bahwa pihaknya yang memberikan izin pemasangan iklan kepada Pariwara Billboard lantaran mereka meyakini tiang-tiang monorel tersebut kini menjadi tanggung jawabnya selaku pelaksana proyek meski masih dimiliki oleh PT Adhi Karya.

"Saat itu tiang pancang masih menjadi milik kami selaku pelaksana proyek. Dan sudah mendapatkan izin dari Pemprov DKI. Kalau izin dari Adhi Karya, saya enggak tahu mereka urus atau enggak," kata Sukmawati, Senin (3/3/2014).

Sukmawati juga mengatakan bahwa direksi PT JM dibawah Ortus Infrastructur Company selaku investor tidak mengetahui persoalan tiang monorel yang dipasangi iklan tersebut. Sebab, pemasangan iklan di tiang monorel terjadi sejak tahun 2011.

"Jadi Ortus selaku investor sekarang, tidak mengetahui masalah ini. Saya juga bingung kenapa kita ini sering disudutkan," kata Sukmawati.

Di waktu yang berbeda, Presiden Direktur PT JM, John Aryananda mengungkapkan pernyataan yang berbeda, bahwa pihaknya tidak pernah mengelola iklan di tiang-tiang monorel yang mangkrak tersebut.

"Oh pasti tidak. Bukan kami yang mengelola iklan itu," ucap John.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini