News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ahok Ingin Malam Tahun Baru Bebas Sampah

Penulis: Adi Suhendi
Editor: Y Gustaman
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Panggung yang akan digunakan untuk menghibur warga dalam rangkaian pergelaran Jakarta Night Festival (JNF) 2014 berdiri di sisi Selatan Monumen Nasional atau Bundaran Patung Kuda, Jakarta Pusat, Selasa (30/12/2014). JNF kembali digelar untuk menyemarakan pesta pergantian tahun yang akan diisi oleh berbagai hiburan musik dan pesta kembang api. WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Adi Suhendi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menyambut malam pergantian tahun, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama selain menginginkan Jalan Sudirman dan MH Thamrin tanpa kendaraan, juga bebas sampah.

Pemprov DKI Jakarta menggelar Jakarta Night Festival (JNF) pada malam pergantian tahun dengan mendirikan sembilan panggung sepanjang Jalur MH Thamrin hingga Bundaran HI. Sampah berserak pada gelaran tahun lalu.

"Makanya kita harus dorong. Kita perhatikan Dinas Kebersihan sudah jalan, membawa-bawa spanduk. Jadi, jangan cuma hari bebas kendaraan bermotor, tapi juga hari bebas sampah," ujarnya, Selasa (30/12/2014).

Ia meminta Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta untuk menyosialisasikan warga Jakarta menjaga kebersihan di mana pun di malam pergantian tahun. Sosialisasi itu sudah dilaksanakan sampai hari H.

Ahok meminta masyarakat yang punya botol bekas minuman atau plastik makanan, sementara memasukkan ke kantong terlebih dahulu. Sampah bisa dibuang jika menemukan tempat sampah.

Ia ingin Dinas Kebersihan memberlakukan sanksi bagi warga yang sembarangan membuang sampah di perayaan malam tahun baru. Tapi mantan Bupati Belitung Timur ini sadar sanksi sulit diterapkan.

"Harusnya sih berlaku. Cuma kan menangkapnya (pembuang sampah sembarangan, red) mau pakai hakim enggak gampang," sambung Ahok.

Ia pun ingin di tahun mendatang para pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di pinggir jalan wajib bertanggung jawab atas kebersihan di tempatnya berjualan.

"Kalau jualan di pinggir jalan, asal enggak menutupi orang jalan kaki atau menutupi kendaraan, dia harus bertanggungjawab terhadap kebersihan di sekitarnya," ungkapnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini