News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Besok, Nasib Anggaran DKI Jakarta Ditentukan

Editor: Sanusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok (kedua kanan) berjabat tangan bersama Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi (kanan), Sekretaris Jenderal Kemendagri Yuswandi A. Tumenggung ( dua kiri) dan Direktorat Jenderal Keuangan Daerah Reydonnyzar Moenek ( kiri), sebelum memulai rapat Fasilitasi, Mediasi dan Klarifikasi Mengenai Evaluasi RAPERDA/APBD DKI Jakarta Tahun Anggaran 2015 di Kantor Kemendagri, Jalan Medan Utara, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (5/3). Rapat tersebut terkait kisruh antara Ahok dengan DPRD DKI Jakarta dalam RAPBD DKI Jakarta 2015. (Warta Kota/Henry lopulalan)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Jenderal Keuangan Daerah Kemendagri, Reydonnyzar Moenek, mengatakan anggaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan ditentukan Senin (23/3/2015).

Hal itu ditentukan setelah Kemendagri menerima hasil finalisasi evaluasi rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) DKI Jakarta Tahun 2015.

Pria yang akrab disapa Ronny ini mengatakan, bila pimpinan DPRD sepakat terhadap RAPBD DKI Tahun 2015, maka keputusan tersebut akan dijadikan landasan untuk menetapkan Peraturan Daerah (Perda). Sehingga, DKI Jakarta akan menggunakan APBD DKI Tahun 2015.

Namun apabila tidak tercapai kata sepakat, maka RAPBD DKI Tahun 2015 tidak akan digunakan. Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok akan mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub), sehingga yang digunakan adalah RAPBD DKI Tahun 2014.

"Penolakan itu harus tertulis dari pimpinan DPRD, selama ini kan hanya lisan saja. Kalau tidak sepakat, kami akan terbitkan radiogram Mendagri, maka berlakulah pagu anggaran 2014," kata Ronny, dalam diskusi publik "Evaluasi Proses RAPBD DKI 2015: Mendorong Pelembagaan Partisipasi Masyarakat (Uji Publik) Untuk Membangun Demokratisasi Anggaran di Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (22/3/2015).

Sejatinya batas akhir finalisasi tersebut adalah Jumat (20/3) lalu, namun kenyataannya finalisasi itu belum juga kelar. Ronny menyebut pihak Kemendagri memberikan toleransi hingga hari Senin ini.

Kemendagri kata Ronny akan menyoroti anggaran sosialisasi dan perjalanan dinas. Rencanannya anggaran-anggaran tersebut sedapat mungkin akan dihilangkan dari RAPBD.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini