News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ujian Nasional 2015

Ichwanul Muslimin: UN SMP Harus Melahirkan Generasi Cerdas

Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Siswa sedang mengerjakan ujian nasional.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hari ini, (4/5/15) Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) digelar serentak di seluruh Indonesia.

Usai dari SMP selanjutnya mereka akan mengenyam jenjang pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi di Sekolah Menengah Atas (SMA).

Bicara tentang UN tentunya tak lepas dari hasil kerja para guru dan orang tua siswa, dimana selama tiga tahun masa belajar para siswa – siswi harapan bangsa ini akan menentukan berbagai nilai yang telah mereka capai untuk masuk ke jenjang pendidikan berikutnya.

Soal UN ini ternyata mendapat perhatian khusus dari salah satu tokoh pemuda Jakarta.

Dialah Ichwanul Muslimin yang ditemui disela-sela kesibukannya Senin pagi di kantornya di bilangan Jakarta selatan. Anul biasa dia disapa menyampaikan ucapan selamat menempuh Ujian Nasional bagi para siswa-siswi yang mengikuti ujian Hari ini.

“Saya ucapkan selamat Ujian Nasional buat adik-adik yang menjalankan UN hari ini, semoga UN nya sukses dan adik-adik mendapat nilai terbaik dan lulus semua,” kata Anul.

Ditanya tentang isu-isu pendidikan selain UN,  Anul pun menyampaikan harapannya kepada para guru, pemerintah dan orang tua.

Kata Anul pendidikan akhlak dan budi pekerti serta rasa nasionalisme sangat penting sebagai anak bangsa pewaris estafet kepemimpinan negeri ini di masa akan datang.

“Saya menghimbau kepada pihak sekolah terutama para guru yang mendidik langsung adik-adik kita, bahwa perlu ditingkatkan pendidikan budi pekerti dengan landasan akhlak yang baik, karena seperti kita ketahui masih banyaknya kasus tawuran antara Pelajar hingga ke maslaah-masalah yang menghawatirkan kita semua seperti Narkoba dan pergaulan bebas,” ujar Anul.

Sementara seperti ibu kota Jakarta sebagai barometer pendidikan, Anul pun berharap kepada Pemprov DKI Jakarta khususnya Dinas Pendidikan, bisa melakukan sinergi dengan masyarakat khususnya pemuda dimana peran-peran pendidikan di Kota Metropolitan sekelas Jakarta yang dinamis perlu terobosan-terobosan kreatif agar mampu menekan hal-hal negatif yang terjadi saat ini.

“Kepada Pemprov DKI Jakarta, khususnya Dinas Pendidikan, saya menghimbau agar dapat melakukan berbagai terbosan-terobosan baru untuk menyalurkan minat dan bakat anak didik di sekolah, dimana peran eks-School berupa karya-karya Ilmiah anak didik perlu diperkuat, ini sangat penting untuk kita melahirkan generasi-generasi yang Cerdas,” ujar Anul yang juga fungsionaris DPP KNPI ini.

Anul pun menjelaskan bahwa peran pemuda dalam mendukung Dunia Pendidikan khususnya di Ibu Kota harus bisa terealisasi dengan baik, contohnya dengan mengadakan berbagai Pelatihan dan Penyuluhan serta Program cinta lingkungan.

“Peran pemuda Jakarta dalam mendukung Dunia Pendidikan menurut saya bisa di jalankan melalui berbagai Program diantaranya Pelatihan Keterampilan, Karya Ilmiah, Cinta Lingkungan serta Pelatihan Dasar kepemimpinan (LDK) yang saya yakin juga sudah ada di berbagai sekoalah, hanya perlu di buat lebih kreatif lagi sehingga adik-adik kita semua berminat untuk ikut serta ke program yang positif ini,” kata Anul.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini