News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Bakso dan Tahu Berformalin Ditemukan di Pasar Grogol

Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sidak makanan berformalin Dinas Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan DKI Jakarta di Pasar Grogol pada Rabu (17/6/2015) pagi.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Ditemukan bakso dan tahu berformalin di Pasar Grogol Jalan Muwardi Raya, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Ini merupakan hasil dari sidak yang dilakukan oleh Dinas Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan DKI Jakarta di Pasar Grogol pada Rabu (17/6/2015) pagi.

Petugas melakukan pengujian pada sampel bakso dan tahu tersebut yang diambilnya dari para pedagang. Bahan itu dicampur pereaksi khusus formalin.

Cairan yang dicampur ternyata berubah menjadi warna ungu sebelumnya berwarna putih. Perubahan warna ini terjadi lantaran bahan tersebut berpengaruh formalin.

"Kami baru menemukan bakso ikan curah dan tahu saja yang positif mengandung formalin. Pengujian ini masih terus berlangsung," ujar Kepala Bidang Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Dinas Kelautaan, Pertanian DKI Jakarta, Sri Haryati di Pasar Grogol, Rabu (17/6/2015) pagi.

Ia menyatakan pihaknya akan melakukan penyelusuran mendalam terkait ditemukannya bakso dan tahu berformalin itu. Sri akan melakukan pemeriksaan mulai dari pedagang hingga tempat di mana penjual mendapatkan pasokan barang.

"Kami akan cek, ditanyakan terlebih dahulu kepada para pedagangnya. Kami tanya siapa suppliernya, sampai tahapan distribusinya," ucapnya.

Dinas Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan DKI Jakarta melakukan sidak bertujuan agar dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. Segala bahan pangan yang dikonsumsi para warga bisa bersih dari zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan. (Andika Panduwinata)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini