News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Penertiban Kampung Pulo

Anggota Dewan: Gratiskan Uang Sewa Rusun Selama 2 Tahun

Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Rusunawa Jatinegara

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota DPRD DKI dari Fraksi Partai Gerindra Syarif menyarankan Pemerintah Provinsi DKI bisa menarik simpati warga Kampung Pulo agar bisa ikhlas menetap di Rusunawa Jatinegara Barat.

Salah satu caranya adalah dengan menggratiskan terlebih dahulu biaya sewa rusun minimal 2 tahun.

"Mereka kan mengeluh harus bayar Rp 300.000 tiap bulan. Sebaiknya Ahok beri insentif ke mereka misalnya sewa 2 tahun ini gratis. Supaya mereka bisa ikhlas dan legowo tinggal di sana," ujar Syarif ketika dihubungi, Sabtu (21/8/2015).

Syarif mengatakan, hal tersebut tidak akam membebani Pepmprov DKI. Di samping itu, cara tersebut juga dapat menarik minat warga Kampung Pulo untuk mau tinggal di rusun. Sebab, kata Syarif, warga Kampung Pulo tidak pernah menolak rencana normalisasi Kali Ciliwung. Mereka hanya meminta direlokasi secara baik tanpa kekerasan.

Melakukan pendekatan yang baik dengan cara-cara dialog pun menjadi hal yang mutlak untuk dilakukan. Syarif sendiri mengaku sudah memetakan tiga tipe masyarakat yang ada di Kampung Pulo.

Tipe pertama adalah mereka yang baru tinggal sebentar di Kampung Pulo dan tidak memiliki sertifikat. Untuk tipe ini, biasanya mereka akan menerima dengan senang hati rusun yang diberikan.

Tipe kedua adalah mereka yang sudah tinggal berpuluh-puluh tahun. Sehingga, tidak menerima begitu saja ketika dipindahkan.

"Ketiga adalah mereka yang mengikuti arus. Dan ketiganya ini ada di Kampung Pulo. Semua harus didengarkan," ujar Syarif.

Solusi tersebut pun dinilai sebagai solusi yang paling baik bagi warga Kampung Pulo.(Jessi Carina)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini