News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Warga Keluhkan Lumpur Kerukan Kali Pakin di Penjaringan

Editor: Gusti Sawabi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Eskavator dan truk digunakan untuk mengeruk lumpur dan sampah pada proyek normalisasi kali Pakin, Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (18/2/2013). Untuk mengantisipasi banjir di Pluit, Pemprov DKI Jakarta berencana akan memperdalam kali pakin hingga 5 meter, dari sebelumnya yang hanya sedalam 1,5 meter.

Tribunnews.com, Jakarta - Endapan lumpur bekas kerukan di Kali Pakin, Penjaringan, Jakarta Utara (Jakut), dikeluhkan warga sekitar. Pasalnya, selain tidak sedap dipandang, warga menilai endapan lumpur tersebut juga menyebabkan bau tak sedap.

"Banyak warga yang ngeluh, Mas. Kalau saya sih sudah biasa," ungkap seorang petugas Pekerja Harian Lepas (PHL) Suku Dinas Kebersihan Jakut, Mamat (50).

Pantauan kompas.com, endapan lumpur itu bermaterial sampah yang mengendap sekian lama di kali percontohan tersebut. Menurut seorang warga, Toto (39), kali tersebut sebelumnya sangat dangkal. Hal itu disebabkan endapan sampah hingga permukaan Kali menjadi dangkal.

Beberapa waktu lalu, kali tersebut sempat dikeruk. Namun, pengerukan kali sepanjang dua kilometer itu terhenti tanpa sebab. "Dulu sempat dikeruk, tapi dihentikan. Mungkin, sekitar dua bulan lalu," ungkap Toto.

Sedangkan, menurut warga lainnya, Jaya (28), kali yang melintasi kawasan Sunda Kelapa hingga ke perbatasan Jakarta Barat itu, juga sempat amblas. "Pernah amblas juga, Mas. Waktu itu, ngeruknya terlalu dalam. Jadi, bikin amblas pinggiran kali," bebernya.

Terkait sampah yang bercampur lumpur di sekitar kali, kata Jaya, biasanya dibersihkan oleh petugas menggunakan perahu.

Sementara itu, Kepada Sudin Kebersihan Jakut, Bondan Dyah Ekowati, mengatakan, tumpukan sampah tersebut bukanlah tanggung jawabnya. Menurut Bondan, sampah-sampah yang telah bercampur lumpur itu, merupakan tanggung Unit Pengelola Kebersihan (UPK) Badan Air Dinas Kebersihan DKI.

"Kalau sampah di sana (Kali Pakin), tanggung jawab UPK Badan Air Dinas Kebersihan," timpal Bondan.

Sampah dari kali-kali dan waduk, lanjutnya, kerap dikumpulkan dulu di sana sebelum di angkut oleh UPK Badan Air Dinas Kebersihan dan di buang ke Bantar Gebang, Bekasi. Meski demikian, Bondan mengaku akan berkoordinasi dengan pihak Dinas, agar dapat segera mengangkut tumpukan sampah hasil kerukan kali tersebut.

"Nanti saya koordinasikan ke UPK Badan Air untuk diangkut," demikian Bondan. (Tangguh Sipria Riang)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini