News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Perjalanan Mbak Sri, Difabel Pemotor Temukan Hal yang Sangat Mengejutkan!

Penulis: Robertus Rimawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Foto perjalanan Sri Lestari yang melakukan perjalanan keliling Sulawesi.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hastag #PerjalananMbakSri menjadi penanda perjalanan Sri Lestari, wanita penyandang difabel melakukan petualangan dengan motor keliling Sulawesi.

Pagi ini, Rabu (21/10/2015) Sri Lestari menjadi tamu di Sapa Indonesia Kompas TV.

Disiarkan secara langsung wawancara dengan Sri, terungkap hal-hal yang mengejutkan yang selama ini tidak disadari.

Menggunakan sepeda motor modifikasi, Sri Lestari sudah melakukan perjalanan lebih dari 1.000 km. Selama 23 hari ia menyelesaikan touring dengan sepeda motor keliling Pulau Sulawesi.

Bukan hanya jalanan rusak yang ia temukan saat menggunakan sepeda motor modifikasi, ia menemukan banyak hal terkait fasilitas yang selayaknya didapatkan para penyandang difabilitas.

"Saya belum menemukan toilet, atau halte bus yang bisa digunakan oleh penyandang difabel. Saya hanya menemukan ketika di mall besar atau hotel," ujarnya.

Ia menemukan beberapa halte atau wilayah publik yang ditujukan untuk penyandang difabel namun hanya sedikit dan sangat curam, sehingga penyandang difabel akan kesulitan bila seorang diri untuk melewati jalan tersebut.

Perjalanan Sri Lestari merupakan penanda bahwa masih banyak 'utang Negara' bagi penyandang difabel, sangat-sangat kurangnya fasilitas bagi difabel inilah yang menjadi tujuan Sri melakukan perjalanan ini.

Bahkan rencananya ia akan kembali melakukan perjalanan selanjutnya setelah menyelesaikan keliling Pulau Sulawesi.

Perjalanan ini sekaligus sebagai penguat bagi Rancangan UU Difabel yang telah diajukan satu di antaranya tentang fasilitas umum untuk penyandang difabel.

Selain itu juga bidang lain seperti pendidikan, kesehatan, hak mendapat kesempatan bekerja di perusahaan serta berbagai hal lainnya.

Melalui hastag #PerjalananMbakSri di situs kitabisa.com digalang dana untuk mendukung Sri Lestari untuk memperjuangkan hak dan advokasi difabel.

Anda bisa membantu upaya Sri Lestari melalui situs tersebut dengan mengetik hastag #PerjalananMbakSri di situs tersebut langsung terhubung dengan kampanye Sri Lestari.

Saat berita diturunkan sumbangan yang terkumpul Rp 9.122 528, Anda bisa membantunya. Silakan klik di sini. (*)

>
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini