News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Polemik Kalijodo

Puluhan Pemulung Serbu Kalijodo

Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pemulung Serbu Kawasan Kalijodo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Kawasan Kalijodo yang berada di Jakarta Utara dan Jakarta Barat kini sudah rata dengan tanah.

Bangunan yang berada persis di pinggir kali tersebut kini hanya menyisakan puing-puing setelah dibongkar menggunakan alat berat backhoe.

Kondisi itu tentu saja dimanfaatkan puluhan pemulung untuk mengumpulkan barang-barang bekas yang masih bisa dijual.

Kawasan yang tadinya dikenal sebagai tempat prostitusi tersebut kini sudah ramai dengan para pemulung yang mencoba mengais rezeki.

Mereka mengumpulkan sejumlah besi-besi yang banyak berserakan.

Sementara pemulung lainnya memotong besi-besi tersebut dengan menggunakan gergaji untuk memudahkan saat akan dibawa pulang.

Bahkan ada juga pemulung yang mencari kabel ataupun mengais-ngais barang-barang tertentu di antara puing bangunan yang mungkin masih bisa dimanfaatkan.

Ia menuturkan dirinya mencari barang-barang apa saja yang masih bisa dimanfaatkan supaya bisa menjadi uang.

"Apaan aja yang dicari, bisa besi, kabel atau enggak pipa paralon. Pokoknya barang-barang yang kira-kira bisa dijual lagi," ungkapnya, Selasa (1/3/2016).

Meski demikian pria yang sehari-harinya memulung di kawasan Muara Baru itu, menuturkan bahwa kabel listrik lebih berharga dibandingkan barang-barang yang lain.

Namun untuk mendapatkannya tidak semudah memperoleh besi-besi yang sudah tidak terpakai.

"Mending ngambil kabel, kalau kabel bisa dihargai Rp 35.000 per kilo, kalau besi paling cuma Rp 2.000-Rp 4.000 doang per kilo. Belum lagi kalau bawa besi repot, musti dipotong dulu biar bisa dibawa," ungkapnya. (jhs)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini