News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ahok: Luar Batang Rawan Tuberkulosis

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Perahu Nelayan bersandar di Kawasan Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (29/3/2016). Pemprov DKI berencana membangun sheet pile atau turap beton di sepanjang perairan Pelabuhan Sunda Kelapa. Namun, jika terdapat permukiman warga yang ilegal di sepanjang bantaran perairan tersebut, penggusuran akan dilakukan. Warta Kota/angga bhagya nugraha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyatakan satu di antara alasan pihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menertibkan hunian liar di Luar Batang demi mencegah warga dari Tuberkulosis (TBC).

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana melakukan penertiban hunian liar yang berada di Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara.

Tujuan penertiban, ujar Ahok,  demi melangsungkan program normalisasi kali. Selain itu, ingin menghindarkan warga dari penyakit TBC

"Tinggal di kawasan kumuh, ini daerah yang rawan kena TBC. Anda tinggal di sungai, di laut, sempit-sempitan tidak ada matahari langsung, saya tidak mungkin membiarkan Anda sakit," ujar Ahok di Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (30/3).

Hunian kumuh di Luar Batang berpotensi besar menyebabkan warga terjangkit TBC.

Ahok mengungkapkan, saat ini, Indonesia menjadi negara nomor dua terbesar penyumbang penyakit TBC di dunia.

"Sekarang kamu sadar tidak? TBC di Jakarta ini, di Indonesia, menyumbang 10 persen TBC dunia. Dan kita nomor dua TBC terbesar. TBC satu orang bisa tularin ke sepuluh warga dengan cepat," kata mantan Bupati Belitung Timur tersebut.

Ahok tidak peduli warga Luar Batang melakukan penolakan atas rencana penertiban ini. Namun yang pasti, dia ingin memindahkan warga ke tempat yang lebih baik yang bebas dari banjir dan penyakit.

"Kalau dia ngotot, ya kan? Kita bukannya enggak mau temuin. Kalau mau temuin kalau kamu bisa terima usulan pindahin kamu ke tempat yang lebih baik," katanya.

Sebelum ditertibkan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan merelokasi warga Luar Batang ke rumah susun.

Dipindahkannya mereka ke rumah susun, dijamin Ahok, akan membuat kehidupan warga jadi lebih baik.

"Saya akan pindahkan anda kan ke rumah susun. Anak anda di rumah susun dapat KJP, Bus Sekolah. Kamu yang tua naik bus gak bayar. Ya kan. Mau kerja kita cariin, di KBN, mau usaha juga kita siapin modal. Jadi, sebetulnya ini lebih baik memindahkan Anda," kata Ahok.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini