News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Dramatis, Proses Melahirkan Istri Anggota TNI di Tengah Kemacetan Jalan

Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Purnamawati Saat Berada di Ruang Perawatan di RS Pertamina Jaya usai Melahirkan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Purnamawati (26) terpaksa melahirkan anak keduanya yang berjenis kelamin perempuan di dalam mobil karena terjebak kemacetan.

Istri anggota TNI Angkatan Darat itu melahirkan sang buah hati yang diberi nama Erlyta Salsabila Caryono hanya dalam waktu lima menit saja.

Pembantu Letnan Dua Ono Caryadi mengatakan sebelumnya sang istri sudah dirawat di RS Mohammad Ridwan, Jakarta Pusat sejak 4 April kemarin selama tiga hari kedepan.

Selama berada di sana, dokter menyarankan agar Purnamawati dibawa pulang karena belum waktunya untuk melahirkan.

"Dokter menyarankan untuk seminggu lagi baru datang ke sini," ucap Ono, Senin (11/4).

Anggota Korem 051 Cikarang tersebut kemudian menuruti permintaan sang dokter untuk membawa pulang istrinya ke Perumahan Kota Serang Baru Blok D1, Desa Sukaragam, Kecamatan Serang Baru, Kabupaten Bekasi.

Namun keadaan berubah manakala pada Senin (11/4) Purnamawati menunjukkan tanda-tanda ingin melahirkan sekira pukul 04.00 WIB.

Ono yang melihat hal tersebut, langsung membawa Purnamawati ke bidan terdekat yang mengatakan pada saat itu masih pembukaan satu.

Namun Ono yang tidak tega melihat sang istri terus menerus mengerang kesakitan, langsung berinisiatif membawanya ke RS Mohammad Ridwan.

Sayangnya Ono yang berangkat mengantarkan sang istri dengan menggunakan mobil sekira pukul 05.30 WIB menemui kendala dimana kondisi jalan mengalami kemacetan parah.

Setibanya di dekat pintu Tol Rawamangun, Jakarta Timur, Ono meminta bantuan dari anggota PJR yang kebetulan berhenti untuk mengantarkan ke rumah sakit.

"Istri saya waktu itu memang udah teriak-teriak, begitu mereka mau mereka langsung mengawal di depan. Tapi enggak lama karena udah enggak tahan mungkin, akhirnya lahiran di situ, paling cuma lima menit prosesnya," ucap Ono.

Ia pun langsung memarkirkan mobil yang dibawanya ke pinggir jalan. Setelah berhenti, salah seorang anggota PJR mengambil alih kemudi karena Ono harus memegangi sang buah yang baru saja lahir ke dunia.

Purnamawati dan bayinya pun langsung dibawa ke RS Pertamina Jaya untuk mendapatkan penanganan segera.

"Waktu itu dibawa ke sini (RS Pertamina Jaya) karena rumah sakit yang paling dekat dari lokasi. Begitu sampai langsung ditangani, langsung dipotong tali pusarnya. Alhamdulillah kondisi bayi dan ibunya sehat," ungkapnya.

Erlyta Salsabila Caryono yang lahir dengan panjang 51 cm dan berat 3,2 kilogram tidak sampai mengalami syok meski lahir dalam kondisi keterbatasan.

Begitupun dengan Purnamawati yang sudah dalam kondisi sehat. Bahkan ibu dari Fajra Zakhoria (6) tersebut sudah bisa pulang pada esok hari.

"Kata dokter besok sore juga udah bisa dibawa pulang," tuturnya. (Bintang Pradewo)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini