News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kasus Ahok

Penasihat Hukum Ahok Laporkan Habib Novel ke Polda Metro Jaya

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Tim penasihat hukum Basuki Tjahaja Purnama melaporkan Sekjen DPD FPI DKI Jakarta, Novel Chaidir Hasan Bamukmin, ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Metro Jaya, Senin (16/1/2017) malam.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tim penasihat hukum Basuki Tjahaja Purnama  melaporkan Sekjen DPD FPI DKI Jakarta, Habib Novel Chaidir Hasan Bamukmin ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Metro Jaya, Senin (16/1/2017) malam.

Novel dilaporkan atas dugaan pencemaran nama baik dan memberikan keterangan palsu di bawah sumpah di persidangan kasus penistaan agama yang menjerat terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan.

Baca: Dilaporkan Novel Bamukmin Soal Fitsa Hats, Ahok: Enggak Apa-apa, Karena Memang Dia Tulis Itu

Rolas B. Sitinjak, penasihat hukum Basuki Tjahaja Purnama, mengatakan Novel sempat menyebut Ahok telah merekayasa kasusnya sehingga masuk penjara.

Selain itu, kata dia, Novel mengatakan Ahok telah membunuh dua anak buahnya di dalam penjara.

"Hari ini, kami sebagai tim pengacara telah melaporkan Habib Novel," ujar Rolas kepada wartawan ditemui di Mapolda Metro Jaya, Senin (16/1/2017).

Baca: Polisi Akan Panggil Ahok Terkait Laporan Habib Novel soal Fitsa Hats

Menurut dia, ucapan Novel di persidangan itu menuduh.

Padahal, dia menegaskan, Ahok tak mengetahui sama sekali persoalan itu dan menyerahkan permasalahan ke proses hukum.

Sebelum membuat laporan, dia mengaku sudah berkoordinasi dengan Ahok.

Dia mengklaim kliennya merasa ucapan yang dilontarkan itu merupakan fitnah yang sudah keterlaluan.

"Jadi memang supaya dibuktikan saja kalau kita berbicara hukum pembuktiannya sudah secara jelas jadi sudah tidak beropini, berwacana, serahkan ke hukum," kata dia.

Di kesempatan itu, pelapor atas nama, Pahrozi membawa barang bukti, berupa hasil rekaman di persidangan, transkip dari rekaman, dan kliping pemberitaan Ahok yang diberitakan oleh Novel.

Laporan itu tercantum di LP/ 257/ I/ 2017/ PMJ, Ditreskrimum 16 Januari 2017. Novel dilaporkan atas dugaan Pencemaran nama baik atau fitnah dan atau memberikan keterangan palsu dibawah sumpah. Pasal 310 KUHP dan atau pasal 311 KUHP dan atau pasal 316 KUHP dan atau pasal 242 KUHP.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini