News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Setelah TransJakarta, MRT dan LRT Terhubung, Masyarakat Harus Naik Transportasi Publik

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Sanusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Warga melintasi prototype Light Rail Transit (LRT) tipe Metro Kapsul yang dipamerkan di sekitar Alun-Alun, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Rabu (5/4/2017). Rencananya, proyek LRT Metro Kapsul ini akan dibangun di Kota Bandung dalam dua tahap pengerjaan dengan proyek konstruksi sekitar Rp 1 triliun. Tahap pertama dari Stasiun Bandung ke Alun-Alun Bandung sepanjang tiga kilometer. Sementara tahap kedua dari Alun-Alun Bandung ke Tegalega dan kembali ke Stasiun Bandung sepanjang enam kilometer. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pelaksana Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat yakin jika koneksi antarmoda transporasi di Jakarta sudah berjalan baik, maka kemacetan di ibu kota bakal menurun.

Apalagi jika jalan layang non tol (JLNT) koridor 13 TransJakarta dengan rute Ciledug-Tendean sudah beroperasi.

"Kalau dihitung persentase repot, tapi itu sebagai upaya untuk mengurai kemacetan, jadi warga Jakarta atau Tangerang yang keluar masuk Jakarta-Tangerang," kata Djarot kepada wartawan di Balai Kota, Jakarta, Kamis (8/6/2017).

Menurutnya, jika koridor 13 Rute Ciledug-Tendean sudah beroperasi, bakal mendorong masyarakat meninggalkan kendaraan pribadinya dengan menggunakan transportasi massal.

"Dengan begitu, sistem transportasi di Jakarta itu ke depan akan terintegrasi, makanya kalau kemarin kita coba koridor 13, di beberapa halte itu terhubung dengan halte MRT, kemudian kita hubungkan dengan LRT sehingga saling terkoneksi," katanya.

Mantan Wali Kota Blitar ini menjelaskan, salah satu hal yang mendorong warga Jakarta menggunakan transportasi massal yaitu aman, nyaman dan tepat waktu.

"Kalau bisa ke depan warga Jakarta akan kita paksa untuk naik tansportasi publik, dengan catatan, moda transportasi publik tersedia dengan nyaman, aman dan tepat waktu. Sedangkan warga yang gunakan kendaraan pribadi, boleh, tapi di beberapa ruas jalan, diterapkan jalan berbayar itu ERP, Kalau nggak gitu nggak akan terurai kemacetan," kata Djarot.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini