News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Jawaban Pekan Kerajinan Jabar digelar di Jakarta

Editor: Fajar Anjungroso
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua Dekranasda Jabar, Netty Prasetiyani Heryawan (kanan) membatik saat menghadiri Bincang Kreatif Kerajinan Jawa Barat Era MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) yang diselenggarakan Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (Asephi) Jabar di Studio Batik Hasan, Jalan Cigadung Raya Timur, Kota Bandung, Kamis (11/2/2016). Untuk bisa memasuki ajang MEA, perajin dan para pelaku kreatif di Jawa Barat bersama pemerintah harus meningkatkan kualitas produk dan sumber daya manusia, melakukan pengembangan desain produk agar dapat diterima dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakat di pasar domestik dan berorientasi ekspor agar menembus pasar internasional, serta menciptakan strategi agar masyarakat mencintai produk lokal. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tidak ingin jadi jago kandang, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Barat gelar Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) ke-12 di DKI Jakarta.

Ida Hernida, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Barat menjelaskan ajang pameran produk kerajinan dua tahunan tersebut sengaja diselenggarakan di ibu kota dengan harapan produk lokal dapat lebih dikenal oleh masyarakat.

Maklum saja, sudah 11 kali pameran tersebut diadakan di Bandung, Jawa Barat.

"Kami berharap para pengrajin dapat bersaing dengan produk yang sudah eksis sekaligus mengajarkan mereka untuk melayani konsumen seramah dan bagus mungkin," katanya, Kamis (16/11).

Baca: ICW Berharap Setya Novanto Segera Menyerahkan Diri dan Tak Jadi DPO

Kali ini, Ida enggan memasang target. Alasannya, ingin fokus memperkenalkan produk dan mengajarkan tatacara melayani konsumen dengan baik.

Lainnya, Ida mengaku bila pemerintah getol melakukan promosi untuk memperluas jangkauan pasar produk kerajinan daerah. Salah satu caranya dengan rajin ikut dalam pameran internasional, seperti di Maroko dan Inggris.

"Tiga tahun belakangan, Indonesia memang jadi perhatian negara bagian Uni Emirat Arab baik wisata ataupun produk (lokal)," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini