Kanal

BPBD Minta Warga di Pinggir Kali Bekasi Waspadai Banjir Kiriman dari Bogor

Pegendara melintasi banjir di Jalan KH Noer Ali, Bekasi, Jawa Barat, Senin (20/2/2017). Hujan lebat yang mengguyur Kota Bekasi, membuat sejumlah kawasan terendam banjir diperparah oleh sistem drainase yang kurang baik. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha - Warta Kota/ANGGA BHAGYA NUGRAHA

TRIBUNNEWS.COM, BEKASI - Kepala Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi Eddy Sukamto mengimbau warga di pinggiran Kali Bekasi agar waspada terhadap banjir kiriman dari kali di Kabupaten Bogor.

"Warga kalau terjadi banjir yang jelas harus mempersiapkan diri, siaga. Terutama antisipasi barang berharga untuk masukin di dalam tas sendiri, supaya kalau banjir bisa mudah dibawanya," kata Eddy saat dihubungi Kompas.com, Selasa (6/11/2018).

Eddy mengatakan, banjir di Kota Bekasi dibagi menjadi dua kategori, yakni banjir lokal dan banjir kiriman.

"Banjir kiriman Bogor ya sepanjang aliran sungai Bekasi. Kayak komplek Pondok Gede Permai, Jatirasa, Jakasetia, Perumahan Taman Villa Kartini, Perumahan Villa Nusa Indah , dan lainnya,"ujar Eddy.

Eddy menambahkan, jika intensitas hujan tinggi, maka perumahan dan warga yang berada di pinggiran Kali Bekasi bisa terkena banjir setinggi satu meter lebih.

"Di pinggiran Kali Bekasi bisa kena banjir kalau kalinya meluap, (air) kirimannya banyak. Seperti Perumahan Villa Nusa Indah, PGP, Jatirasa, Jakasetia, sampai hilir sana di Bekasi Utara kena semua," ucap Eddy.

Eddy memastikan, BPBD akan mengerahkan 50 personel yang siap 24 jam untuk mengevakuasi warga di daerah Kota Bekasi yang kerap tergenang banjir ketika intensitas hujan tinggi.

"Peralatan seperti perahu, tenda sudah kami siapkan. Intinya, kami sudah siap kalau seandainya terjadi banjir," pungkas Eddy.

Sebelumnya, Eddy menjelaskan, terdapat tiga titik jalan di wilayah kota Bekasi yang rawan genangan banjir dan berpotensi menghambat arus lalu lintas.

Tiga titik tersebut ialah Jalan KH Noer Ali, Kalimalang tepatnya dibawah kolong tol JORR, Bekasi Barat; Jalan R.A Kartini, Bekasi Timur; dan Jalan Raya Taman Narogong Indah, Bekasi Timur. Ketinggian genangan air di tiga titik tersebut sekitar 30-40 cm.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Warga di Pinggir Kali Bekasi Diimbau Waspada Banjir Kiriman"

Editor: Sanusi
Sumber: Kompas.com

Viral Video Gadis Mendadak Jatuh lalu Meninggal di Toserba Disebut karena Virus Corona, Ini Faktanya

Berita Populer