News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Rembesan Tanggul Bikin Resah Warga Luar Batang di Kecamatan Penjaringan

Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Petugas Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Utara dan PPSU Penjaringan saat melakukan penyedotan air yang menggenangi rumah warga di RT 03 RW 03, Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (7/11/2018).

Laporan Reporter Warta Kota, Junianto Hamonangan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Munculnya rembesan di bangunan tanggul yang berada di di RT 03/03, Kampung Luar Batang, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, bikin resah warga.

Rembesan tersebut muncul dan menggenangi permukiman warga. Pantauan di lokasi, ada dua tanggul di kawasan Luar Batang. Tanggul baru tingginya sekitar empat meter dari permukaan.

Sedangkan tanggul lama tingginya hanya dua meter, di mana di antara kedua tanggul ada jeda satu meter.

Baca: Awas! Kota Depok Kini Makin Rawan Longsor, Dalam Sebulan Terjadi 11 Kasus

Ketua RT 03/03 Penjaringan Samsukur (73) mengatakan, rembesan muncul dari sela-sela tanggul lama. Sehingga, ketika air laut pasang, menimbulkan genangan di permukiman warga.

“Ini kan urukan yang harusnya menahan tanggul lama sama baru enggak begitu rapat. Sehingga, air bisa masuk, namanya air ada celah sedikit,” paparnya, Senin (12/11/2018).

Baca: Polisi Jerat Pelaku Pembantaian Sopir Taksi Online di Tangerang dengan Pasal Pembunuhan Berencana

Apalagi, pada tahun lalu tanggul lama sempat jebol dan mengakibatkan sebuah rumah warga rusak parah. Ketika itu, penanganan pertama dilakukan petugas dengan cara menumpuk karung-karung pasir.

“Itu waktu diuruk langsung hantam karung turun. Jadi ada tempo hari pernah saya ngomong langsung karung-karung aja, harusnya dibuka itu karung baru dimasukin pasirnya,” ujarnya.

Dia berharap ada solusi dari permasalahan tersebut. Sebab, saluran air di kawasan Luar Batang juga tidak berjalan dengan baik, sehingga dikhawatirkan bakal menimbulkan genangan lain.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini