News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Warga Keluhkan Penyempitan Kali Licin Depok yang Dikhawatirkan Banjir saat Hujan Tiba

Editor: Imanuel Nicolas Manafe
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi Kali Licin - Warga berkerumun menyaksikan proses evakuasi jenazah bayi di Kali Licin, Pitara, Pancaoran Mas, Depok, Senin (30/1/2017) siang.

TRIBUNNEWS.COM, DEPOK - Warga kawasan Pitara, Depok, Jawa Barat, mengeluh adanya penyempitan kali Licin yang dikhawatirkan dapat mengakibatkan banjir saat musim hujan tiba.

"Sudah jelas pengaruh banjirlah, kalau ada air kiriman dari Bogor larinya ke sini dan di sana sempit kan, otomatis pengaruhlah banjirnya. Coba susuri saja sepanjang kali ini lama kelamaan mengerucut pasti," kata Maulana, warga RT 003 RW 006 yang tinggal di sekitar tepi Kali Licin, Rabu (22/11/2018).

Baca: Antisipasi Banjir, Warga di Jakarta Utara Diimbau Aktif Lakukan Kerja Bakti

Maulana menuturkan, tempat tinggalnya sering kali banjir apabila hujan deras. Kadang, genangan air tersebut menutupi akses jalan raya.

Ketinggian banjir yang melanda permukiman di sana bisa sedengkul orang dewasa. Namun, ia menyebut banjir di sana cepat surut.

Ia menyatakan, banyak kali yang kini telah menyempit karena tertutup jalan dan rumah warga.

Sementara itu, Udin, warga RT 003 RW 006 lainnya, mengatakan bahwa Kali Licin ini jarang dikeruk. Selama 12 tahun tinggal di daerah tersebut, Udin mengaku tidak pernah melihat kali itu dibersihkan.

"Selama saya tinggal di sini, mana ada dikeruk kalinya, sedangkan ngangkutin sampah aja tunggu ada telepon dari kita dulu baru dateng,” ucap Udin.

Kemudian, Sandra Gunawan, Ketua RT 007 Perumahan Maharaja, berharap, Pemerintah Kota Depok lebih memperhatikan Kali Licin dan mencegah kemungkinan banjir di permukimannya.

“Sudah kalinya menyempit, enggak dikeruk, sampah lagi numpuk, bagaimana enggak banjir terus kan ya di daerah sini. Sudah begitu jarang juga kan petugas pemkot pungutin sampahnya,” ucap Sandra.

Baca: Gresik Diguyur Hujan Es, Genteng Rumah Warga Banyak yang Rusak

Berdasarkan pantauan Kompas.com, lebar Kali Licin bervariasi, ada yang mencapai lima meter, tetapi ada juga yang menyempit hingga satu meter.

Penyempitan itu umumnya terjadi karena bangunan-bangunan yang berdiri di tepi sungai. Selain menyempit, kali itu terlihat dipenuhi sampah-sampah plastik rumah tangga.

Penulis : Cynthia Lova

Berita ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Kali Licin Depok Menyempit, Warga Khawatir Banjir

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini