News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ganti Rugi Tak Tuntas, Warga Rengas Ancam Ganggu Penerbangan dengan Main Layang-Layang

Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Aksi warga Desa Rawa Rengas memblokade Jalan Perimeter Utara, Bandara Soekarno-Hatta, Senin (24/6/2019).

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Sejumlah warga Desa Rawa Rengas Kabupaten Tangerang mengancam akan mengganggu aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, dengan menggunakan layang-layang jika urusan ganti rugi pembebasan lahan milik warga oleh proyek pembangunan runway 3 tak kunjung tuntas.

Aksi warga memblokade Jalan Perimeter Utara Bandara Soetta saat ini sudah memasuki hari ketiga dan warga mengancam tetap melanjutkan demo.

Kini, ancaman pendemo di Bandara Soetta semakin frontal, yakni menerbangkan layang-layang mengganggu aktivitas penerbangan pesawat di Bandara Soetta.

Aksi warga ini disebabkan lantaran mereka tak kunjung mendapat ganti rugi dari dampak proses pembangunan landasan pacu pesawat Bandara Soetta atau Runway 3 Bandara Soetta.

Aksi warga Desa Rawa Rengas memblokade Jalan Perimeter Utara, Bandara Soekarno-Hatta, Senin (24/6/2019). (WARTA KOTA/ANDIKA PANDUWINATA)

Rumah mereka tergusur oleh proyek ini dan warga menyatakan tidak bisa menerima atas langkah PT Angkasa Pura II yang dinilai sepihak.

Vice President Corporate Communication PT Angkasa Pura II Yado Yarismano menjelaskan proses proyek pembangunan runway 3 Bandara Soetta terus dilakukan meski mendapatkan perlawanan dan ancaman dari warga. 

Baca: AirAsia Tambah 5 Rute Penerbangan Domestik, Harga Promo Jakarta-Lombok Rp 600 Ribuan

"Pembangunan runway terus berlanjut. Walau ada masalah di lapangan, kami akan melakukan proses musyawarah dengan warga," ujar Yado kepada Warta Kota, Rabu (26/6/2019).

Pembangunan landasan pacu pesawat ketiga Bandara Soetta ini dikejar target, dan dalam waktu dekat ini harus rampung pengerjaannya. 

Baca: 30 Tahun Jadi Sopir Bus Malam, Dede Wahyu Pernah Rasakan Tiga Pengalaman Mistis dan Mendebarkan Ini

"Targetnya Juli 2019 ini sudah beroperasi. Makanya kami kebut dan terus dilakukan pembangunan," ucapnya.

Presiden Joko Widodo pun sempat melakukan peninjauan langsung ke proyek itu pada Jumat (21/6/2019) lalu.
Dirinya berharap agar runway 3 Bandara Soetta dapat beroperasi sesegera mungkin. 

Baca: Mantan Penasihat KPK Abdullah Hehamahua: Unjuk Rasa Tidak Perlu Minta Izin, Cukup Beri Tahu Polisi

"Runway ketiga di Bandara Soekarno Hatta ini pembangunannya sudah sampai 86 persen"
"Kita harapkan akhir bulan ini sudah 100 persen dan langsung akan dioperasikan secepat-cepatnya. Mungkin Juli ini sudah dioperasikan," kata Jokowi.

Baca: Google Siap Beri Dukungan OS Android Q untuk Ponsel-ponsel Buatan Huawei Ini

Aksi demo di Bandara Soetta dilakukan warga asal Desa Rawa Rengas Kabupaten Tangerang.

Seperti diberitakan Warta Kota sebelumnya, ratusan massa mulai menggelar aksinya pada Senin (24/6/2019) kemarin dengan melakukan penghadangan di Jalan Perimeter Utara Bandara Soekarno Hatta. 

Baca: Cerita Lengkap Aksi Bejat Jaka, Karena Dibakar Api Cemburu Tega Cekik Tunangannya Hingga Tewas

Pantauan di lokasi, sampai hari ini jalur tersebut masih ditutup. Warga memblokade jalan dengan bongkangan batu, kayu dan juga pohon pisang.

"Saya kesal sudah bertahun - tahun belum ada ganti rugi makanya tetap bertahan," ujar Mulya (44) satu dari pengunjuk rasa, Rabu (26/6/2019).

Artikel ini tayang di Wartakotalive dengan judul Warga Bakal Ganggu Aktivitas Penerbangan Bandara Soetta Pakai Layang-Layang, PT Angkasa Pura II Cuek

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini