News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ada Fasilitas Lift Sepeda Pertama di Indonesia di JPO-JPS Phinisi yang Diresmikan Gubernur Anies

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan jembatan penyeberangan orang (JPS) Phinisi di kawasan Karet, Sudirman, Jakarta Pusat.

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan jembatan penyeberangan orang (JPS) Phinisi di kawasan Karet, Sudirman, Jakarta Pusat.

Selain berfungsi sebagai JPO, jembatan ikonik ini juga dijadikan jembatan penyeberangan sepeda (JPS), sehingga bisa memfasilitasi pesepeda yang melintas di Jalan Jenderal Sudirman untuk bisa menyeberang.

“Hari ini menandai penggunaan jembatan penyeberangan sepeda dan jembatan penyeberangan orang Phinisi Karet, Sudirman. Jembatan ini dirancang untuk bisa memfasilitasi pesepeda yang melintas di Jalan Jenderal Sudirman untuk bisa menyeberang," kata Anies, Kamis (10/3/2022) petang.

Baca juga: Pria Tanpa Identitas Tewas Usai Melompat dari JPO di Pasar Rebo

Selama ini, kata Anies, pesepeda di Jalan Sudirman tidak bisa menyeberang kecuali di ujung selatan yakni Bundaran Senayan atau di ujung utara Bundaran Hotel Indonesia.

"Dengan adanya JPO-JPS ini, pesepeda memiliki akses di tengah untuk berpindah dari sisi Barat ke Timur atau sisi Timur ke Barat, sehingga memudahkan mobilitas para pesepeda,” kata Anies Baswedan.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho, menambahkan, revitalisasi jembatan JPO-JPS Phinisi dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung, seperti anjungan dan lift dengan kapasitas ekstra besar. JPO ini juga dilengkapi sensor beban pada bagian anjungan sebagai penanda apabila pengunjung melebihi kapasitas 50 orang.

Baca juga: Akses Terputus Karena Proyek Tol Serpong-Balaraja, Warga Minta Dibangun JPO

“Fasilitas lift tersebut berkapasitas 3 ton, yang mampu melayani 30 orang serta 10 sepeda. Adapun sensor beban dipasang di anjungan dengan membatasi keberadaan orang di anjungan sebanyak 50 orang,” ungkap Hari Nugroho.

Direktur PT Daiichi Elevator Indonesia, Thomas Anggawinata mengatakan, fasilitas lift yang ada di JPO-JPS Phinisi, merupakan lift sepeda pertama di Indonesia.

“Lift yang kami pasang di JPO-JPS ini ukurannya sebesar kontainer ukuran 20 feet dan full kaca. Jadi, orang yang ada di dalam lift bisa menyaksikan panorama yang ada di sekitar,” kata Thomas.

Menurut Thomas, produk lift Daiichi sebelumnya juga telah digunakan untuk melengkapi fasilitas JPO Sudirman GBK Barat.

Produk lift yang sama juga telah digunakan di berbagai fasilitas publik seperti Stasiun Tanah Abang, Skybridge Stasiun Bandung, Skybridge Stasiun Malang, Universitas Negeri Semarang, dan JPO Pasar Senen.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini