News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Hari Anak Nasional, Kick Off Gerakan Sekolah Sehat Digelar di SDN 03 Pesanggrahan Jaksel

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Eko Sutriyanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Gerakan Sekolah Sehat dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang digulirkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi bersama Kementerian Kesehatan RI dan sektor swasta terus bergulir. Salah satu sekolah sasaran program ini adalah SDN 03 Pesanggrahan, Jakarta Selatan, dan bertepatan dengan Hari Anak Nasional digelar Kick Off Implementasi Edukasi Anak KAO – Sekolah Sehat 2024, Selasa, 23 Juli 2024.

Laporan Wartawan Tribunnews.com Chorul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gerakan Sekolah Sehat dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang digulirkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi bersama Kementerian Kesehatan RI dan sektor swasta terus bergulir.

Salah satu sekolah sasaran program ini adalah SDN 03 Pesanggrahan, Jakarta Selatan, dan bertepatan dengan Hari Anak Nasional digelar Kick Off Implementasi Edukasi Anak KAO – Sekolah Sehat 2024, Selasa, 23 Juli 2024.

Kegiatan ini selanjutnya akan menjangkau 5 provinsi dan 8 kota dengan target jangkauan program pada 10.000 anak.

Sekolah Sehat diluncurkan pada Agustus 2022 oleh Menteri Kemendikbudristek, Nadiem Makarim untuk menekankan pentingnya penerapan sekolah sehat dengan penekanan pada pilar utama 5S yaitu Sehat Bergizi, Sehat Fisik, Sehat Imunisasi, Sehat Jiwa, dan Sehat Lingkungan.

Direktur Promosi Kesehatan, Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes RIdr. Elvieda Sariwati, M.Epid mengatakan pihaknya menyambut baik kolaborasi antara Kao Indonesia dengan Kemenkes RI ini untuk mengajak masyarakat membudayaan hidup sehat. Dia mengatakan, Kao Indonesia telah menjadi mitra Private Sector dari Kementerian Kesehatan sejak 2021.

Baca juga: Gerakan Sekolah Sehat, Ibu Negara dan OASE KIM Ajak Siswa SD Mainkan Permainan Tradisional

“Program edukasi Anak KAO ini sangat positif dan bermanfaat untuk mengajak anak-anak Indonesia menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sebagai bagian dari pembudayaan Hidup Sehat / GERMAS di lingkungan sekolah,” imbuh Elvieda.

Naoki Yoshigai selaku Presiden Direktur Kao Indonesia mengatakan, melalui edukasi Anak KAO – Sekolah Sehat 2024, diharapkan dapat menjadi inisiatif dan kontribusi nyata untuk menyukseskan terwujudnya masyarakat sekolah yang sehat di lingkungan sekolah yang sehat.

Dia menambahkan, program edukatif ini sejalan dengan strategi ESG perusahaan, yakni Kirei Lifestyle Innovation, yang salah satunya diwujudkan melalui kontribusi Gerakan Sekolah Sehat melalui pilar 5S (Sehat Fisik, Sehat Bergizi, Sehat Imunisasi, Sehat Jiwa dam Sehat Lingkungan dengan sasaran anak-anak sekolah.

Di 2024 ini, program tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan perubahan perilaku Hidup Bersih dan Sehat serta dapat menjangkau tambahan 10.000 anak di lima provinsi, yaitu DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Program edukasi Anak KAO pertama kali digulirkan tahun 2016 dan menjangkau 30.000 anak di SD dan SMP.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini