News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pidato Kenegaraan

ICW: Komitmen Pemberantasan Korupsi Telah Pudar

Penulis: Iwan Taunuzi
Editor: Prawira
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, bersama Wakil Presiden RI, Boediono, dan jajaran Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, berpose di depan Ruang Paripurna I Gedung DPR/MPR-RI, Senin (16/8/2010).

Laporan wartawan Tribunnews.com, Iwan Taunuzi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA
- Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW) Danang Widjoyoko menilai bahwa komitmen pemberantasan tindak pidana korupsi telah pudar.

Hal ini terlihat, sesaat setelah mendengar pidato Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono yang dianggap telah lupa untuk berjanji memberantas korupsi. Padahal korupsi merupakan perbuatan yang marak dilakukan.

"Pudarnya komitmen tentang pemberantasan korupsi terlihat pada pidato pemberantasan korupsi oleh Presiden yang lebih benyak pada 16 Agustus 2005, 5 tahun lalu," ujarnya saat berbicara pada acara Refleksi Kaum Muda bertajuk Masih Adakah Kemerdekaan? di kantor PP Muhammadiyah, Senin (16/8/2010).

Meski disebutkan dalam pidatonya, namun hal itu dianggap angin lalu."Walaupun itu dijanjikan dalam kampanye, tapi janji kampanye adalah hal yang paling gampang untuk di ingkari," imbuhnya.

Ia menambahkan bahwa negara ini sesungguhnya telah absen untuk menegakkan keadilan. Justru yang ada adalah hukum rimba. Siapa yang kuat dia yang bebas dari hukum.

"Tidak ada tindakan nyata bahwa negara hadir dan berfungsi dengan baik untuk mengatur," tandasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini