News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Korupsi Wisma Atlet

Rosa Jadi Penghuni Pertama Rutan KPK

Penulis: Edwin Firdaus
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Mantan bawahan Anas Urbaningrum, Mindo Rosalina Manulang, bersaksi dalam persidangan terdakwa kasus korupsi, M Nazarudin, di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (16/1/2012). Nazarudin didakwa atas dugaan kasus suap wisma atlit di Palembang. (TRIBUNNEWS/DANY PERMANA)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Rumah Tahanan Salemba Cabang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah berpenghuni saat ini. Adapun penghuni pertama di Rutan yang berdiri di lantai dasar Kantor KPK ini yakni Mindo Rosalina Manullang, terpidana kasus korupsi wisma atlet Sea Games.

Rosa diketahui telah menghuni Rutan tersebut sejak beberapa hari lalu.

"Sudah beberapa hari di Rutan," ujar sumber di Kantor KPK, Jakarta kepada wartawan, Selasa (10/4/2012).

Sementara itu, saat dikonfirmasi wartawan, Juru Bicara KPK, Johan Budi membenarkan adanya penghuni di Rutan KPK tersebut. Namun, Johan mengaku belum mengetahui siapa orang pertama yang mencicipi Rutan tersebut.

"Sebenarnya sudah siap dihuni, kalau sekarang mungkin sudah ada penghuninya. Memang beberapa kali saya mendapat pertanyaan seperti itu (Rosa penghuni rutan KPK), saya cek dulu," kata Johan saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (10/4/2012).

Seperti diketahui sebelumnya, Rosa telah menempati Kantor KPK, sejak
Beberapa bulan lalu. Rosa dititipkan untuk sementara di KPK atas permintaan LPSK. Hal itu terkait adanya ancaman kepada mantan bawahan M Nazaruddin itu di Lapas Pondok Bambu.

Ruang tahanan KPK ini berada di lantai basement Kantor KPK, Jakarta. Luasnya mencapai 80 meter persegi, terdiri dari lima kamar tahanan yang masing-masing berukuran 3,1 x 3,5 meter.

Ketika wartawan diberi kesempatan untuk meninjau terlihat, pada masing-masing kamar rutan, hanya dilengkapi sebuah tempat tidur dan sebuah meja. Untuk kelancaran sirkulasi udara, dipasang exhaust fan di dinding dan ada satu unit pendingin ruangan yang dipasang di luar kamar tahanan.

Untuk persoalan keamanan, rutan khusus tahanan KPK ini dilengkapi CCTV di setiap sudutnya. Petugas keamanan berjaga selama 24 jam. Di dalam Rutan dan di luar Rutan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini