News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kasus Simulator SIM

Eva: Pidato SBY Memunculkan Kesan Polri Dikorbankan

Penulis: Y Gustaman
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan pidato guna menyelesaikan polemik antara dua institusi penegak hukum, POlri dan KPK terkait sejumlah permasalahan dan proses penegakan hukum yang tidak menemuka titik temu di antara kedua institusi tersebut, di Istana Negara, Senin (8/10/2012).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Eva Kusuma Sundari menghargai pidato Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyoal hubungan panas antara Polri dan Komisi Pemberantasan terkait banyak hal salah satunya kewenangan penyidikan kasus simulator SIM.

Menurut Eva pidato SBY menunjukkan satu kemajuan terkait tentang kejelasan pihak mana yang berwenang menangani kasus simulator. "Di sisi yang sama saya menyayangkan terkesan polisi dikorbankan untuk pencitraan," ujarnya di Kompleks DPR RI, Jakarta, Selasa (9/10/2012).

Anggota Komisi III ini beralasan, pidato SBY memosisikan KPK telah mengalahkan Polri dalam kasus yang menyeret mantan Korlantas Irjen Pol Djoko Susilo. Dalam pidatonya, SBY juga memberi solusi agar semua pejabat Polri yang terlibat ditangani KPK.

Persoalan kedua yang disoroti Eva adalah solusi SBY soal pidana yang dituduhkan Polda Bengkulu terhadap Kompol Novel Baswedan. Sekalipun sebagai penyidik KPK, jika ada tuduhan pidana pada 2004, bisa diselesaikan di persidangan.

"Bagi aku siapapun yang membuat kesalahan pidana ya harus mempertanggungjawabkannya.  Perkara nanti ada keringanan karena jasa-jasanya nanti pengadilan yang memutuskan, bukan dia (SBY). Ini negara hukum," tegasnya.

Klik:

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini