News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kasus Impor Daging Sapi

Uang Proyek Bibit Kopi Mengalir ke Kampanye Ahmad Heryawan

Penulis: Edwin Firdaus
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar dilantik oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Provinsi Jawa Barat menjadi gubernur dan wakil gubernur Jabar periode 2013-2018 di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Kamis (13/6). Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar resmi menjadi gubernur dan wakil gubernur Jabar periode 2013-2018 setelah menang pada Pilgub Jabar 2013.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Nama Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ahmad Heryawan muncul dalam sidang terdakwa suap dan pencucian uang terkait impor daging sapi di Kementan, dengan terdakwa Ahmad Fathanah.

Bahkan, dijelaskan Jaksa KPK Avni Carolina dalam dakwaan tersebut adanya  pemberian uang Rp 450 juta dari proyek pengadaan Benih Kopi untuk kepentingan Kampanye Ahmad Heryawan saat pencalonan sebagai Gubernur Jawa Barat.

Uang tersebut berasal dari pengusaha Yudi Setiawan melalui Ahmad Fathanah.

"Pada tanggal 11 Juli 2012, terdakwa (AF) menerima cek senilai empat ratus lima puluh juta rupiah dari Yudi, Cek diterima terdakwa di rumah makan Arab Alayerajes Jakarta Pusat untuk keperluan pencalonan Ahmad Heryawan pada Pilkada Gubernur Jawa Barat," kata Jaksa Avni Carolina saat membacakan dakwaan Ahmad Fathanah, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Senin (24/6/2013).

Penyerahan uang, kata Jaksa, dengan cara Yudi mentransfer uang dari rekening Bank BCA nomor 1300366666 ke rekening Giro BCA nomor 1302266667, atas nama CV Aneka Pustaka Ilmu.

"Pada catatan pengiriman tertulis berita 'Ustadz bayar kopi'," kata Jaksa Avni.

Dalam dakwaan Fathanah, lanjut Avni, Yudi Setiawan juga menyerahkan cek giro itu kepada Fathanah, sesuai permintaan Luthfi Hasan Ishaaq.

Perkara suap impor daging sapi sendiri mendakwa Ahmad Fathanah karena menggerakkan Luthfi Hasan Ishaaq untuk mempengaruhi pejabat Kementrian Pertanian dalam upaya penambahan  kuota impor daging sapi.

Fathanah dan Luthfi didakwa bersama-sama turut menerima uang atau hadiah dari PT Indoguna Utama  berupa uang sebesar Rp. 1,3 miliar. Uang tersebut diduga untuk pengurusan penambahan Kuota impor daging sapi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini