News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kasus Simulator SIM

Saksi Mengaku tak Tahu 4 Kardus Berisi Uang

Penulis: Edwin Firdaus
Editor: Gusti Sawabi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Mantan Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Mabes Polri, Irjen (Pol) Djoko Susilo (kiri) bersiap menjalani persidangan yang digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Jumat (5/7/2013). Djoko Susilo diadili dalam dugaan kasus korupsi pengadaan alat simulator SIM di Korlantas, Mabes Polri. TRIBUNNEWS/DANY PERMANA

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Operator Komputer Korlantas Polri, Wasis Tripambudi mengaku pernah bersama AKBP Teddy Rusmawan, mengantarkan empat kardus besar ke Plaza Senayan. Kardus-kardus yang belakangan diketahui berisi uang itu, terang dia diserahkan ke sejumlah anggota DPR.

"BAP saya dikarang Pak. Saya memang antar kardus ke Plaza Senayan bersama Pak Teddy. Tapi saya tidak tahu apa isinya, sementara di BAP ditulis oleh penyidik isinya uang. Saya diarahkan penyidik kardus itu berupa dana," kata Wasis saat bersaksi untuk terdakwa Djoko Susilo di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Jumat (12/7/2013).

"Ya sudah, yang penting anda mengantar kardus itu kan. Coba jelaskan siapa yang perintahkan?" tanya Hakim Ketua Suhartoyo kepada Wasis.

"Pak Legimo. Jadi saya bersama Pak Teddy bawa kardus ke Plaza Senayan. Buat siapa saya tidak tahu. Saya standby di parkiran, tiduran. Waktu itu naik Avanza," jawab Wasis.

Pada sidang sebelumnya, Ketua Panitia Lelang Simulator, Teddy Rusmawan, mengaku pernah mengantarkan empat kardus berisi uang ke Plaza Senayan. Menurut dia, uang itu diberikan untuk beberapa anggota DPR, antara lain Aziz Syamsuddin, Herman Heri dan Bambang Soesatyo, agar memuluskan uang pendidikan Polri Rp 600 miliar.

Ketiga politisi itu juga pernah diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi. Meski demikian, mereka semua membantah menerima uang tersebut.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini