News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Sidang Djoko Susilo

Mainan Timezone Lebih Bagus dari Simulator SIM

Penulis: Edwin Firdaus
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Terdakwa kasus dugaan korupsi pengadaan simulator SIM di Korlantas Polri, Irjen Pol Djoko Susilo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menghadirkan saksi ahli Mekatronika dari ITB, Edi Leksono dalam persidangan perkara Irjen Pol Djoko Susilo, Jumat (19/7/2013).

Dikatakan Edi alat simulator SIM yang dimiliki Korlantas Polri sangat buruk kualitasnya. Sebab, berdasarkan hasil kajian yang dilakukan tim nya, spesifikasi yang ada tidak dapat mempresentasikan layaknya seperti orang berkendara. bahkan mendekati kenyataan seperti berkendara pun tidak.

"Simulator SIM milik Korlantas lebih buruk daripada yang ada Timezone. Tidak adanya timbul efek gerak. Jadi kita hanya dapat melihat video dan suara saja tanpa efek gerak," kata Edi.

Edi menambahkan, hidrolik yang ada pada simulator SIM milik Djoko, baru bisa bergerak saat pengendara menabrak sesuatu. Seharusnya, kata dia, alat simulator SIM yang paling sedehana ada dua hidrolik yang akan menimbulkan efek gerak. Sedangkan untuk roda empatnya minimal ada enam hidrolik.

"Simulator milik Korlantas, untuk roda dua hanya memiliki satu alat hidrolik dan roda empat ada tiga alat hidrolik. Sayangnya pada beberapa simulator yang kami amati hidrolik itu tidak berfungsi," kata Edi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini