News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Lebaran 2013

Polisi Minta Pemudik Hormati Aturan, Siapkan Diri dan Perlengkapan

Penulis: Adi Suhendi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pemudik menunggu menaiki kereta api di Stasiun Pasar Senen Jakarta Pusat, Rabu (31/7/2013). Menjelang lebaran Stasiun Pasar Senen mulai dipadati pemudik dengan tujuan berbagai daerah di Jawa. TRIBUNNEWS/HERUDIN

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Adi Suhendi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepolisian mengimbau bagi masyarakat yang akan melaksanakan mudik lebaran ke kampung halaman harus siap tiga hal, diantaranya siap melaksanakan aturan, siap diri, dan siap perlengkapan.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Pol Agus Rianto di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (31/7/2013) mengungkapkan bahwa untuk yang akan melaksanakan mudik harus mempersiapkannya sejak jauh-jauh hari.

"Saat mudik harus tri siap: siap aturan,siap diri, dan siap perlengkapan baok perlengkapan perorangan termsuk kendaraan, kesehatan. Perhatikan petunjuk aturan yang berlaku," ungkap Agus.

Kepolisian menurut Agus akan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang melaksanakan mudik lebaran. Bahkan 6200 personel Mabes Polri diterjunkan untuk mengamankan jalur Pantura tepatnya dari Cikopo sampai Losari sehingga sekitar 200 meter akan ada tiga orang polisi berjaga.

Kepolisian mengimbau supaya masyarakat tidak menggunakan sepeda motor untuk mudik. Sepeda motor tidak dirancang untuk perjalanan jauh kemanannya riskan. Pada 2012, 71 persen kendaraan yang terlibat kecelakaan adalah sepeda motor.

"Untuk masyarakat yang akan mudik agar bisa menggunakan fasilitas-fasilitas yang disiapkan pemerintah, ada truk, kereta, dan kapal. Kalau terpaksa menggunakan sepeda motor, agar penumpang tidak lebih dari dua orang," katanya.

Kepolisian pun mengingatkan untuk masyarakat yang menggunakan kendaraan umum harus berhati-hati dengan tidak mudah menerima pemberian makanan dan minuman dari orang yang tidak dikenal.

"Untuk yang mudik jangan mudah menerima sesuatu dari orang yang baru ditemui. Kami selalu siap berada di lokasi yang ramai aktivitas masyarakat," ungkapnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini