News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Calon Duta Besar

Foke Malas Tanggapi Tudingan Pelajar Jerman Soal Rasis

Penulis: Ferdinand Waskita
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Fauzi Bowo saat uji kelayakan dan kepatutan untuk menjadi dubes, Rabu (18/9/2013)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Calon Duta Besar RI untuk Jerman Fauzi Bowo enggan menanggapi tudingan rasialis yang dituduhkan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI). Hal itu dikatakan Foke usai uji kelayakan dan kepatutan yang dilakukan Komisi I di Gedung DPR, Jakarta, (18/9/2013).

"Saya tidak ada dalam komisi untuk menjawab. Silakan tanya pada komisi I," kata Foke.

Foke lalu menjelaskan mengenai persoalan Jerman. Ia mengatakan saat ini situasi di Jerman sedang memasuki tahun politik. Diketahui pada 22 September 2013, Jerman akan melaksanakan pemilu.

"Jadi siapa yang akan memenangkan pemilu ini tentu akan menjadi pihak yang membentuk pemerintahan di Jerman. Itulah yang akan menjadi counterpart RI juga masyarakat madani Indonesia dan dubes RI untuk Jerman," ungkapnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu memprediksi Jerman akan dipimpin kembali oleh Kanselir Angela Merkel. Menurut Foke, bila Merkel terpilih kembali maka akan mempengaruhi hubungan dengan Indonesia.

"Maka deklarasi Jakarta yang ditandatangani Angela Merkel pada saat kunjungan ke Jakarta tahun 2012 itu akan tetap menjadi landasan kerja sama kita 4 tahun ke depan. Nah berangkat dari situ kita menyusun visi dan misi saya," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini