News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Nasib Buruh

Buruh Longmarch ke Istana, Jl MH Thamrin arah Istana Lengang

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Rachmat Hidayat
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi demo buruh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Massa buruh mulai bergerak dari Bundaran Hotel Indonesia menuju Istana Negara. Mereka melakukan longmarch dari Bundaran HI untuk sampai ke Istana Negara.

Pantauan Tribunnews.com, saat massa aksi bergerak pada pukul 11.20 WIB, lalu lintas di jalan MH Thamrin tampak lengang. Kendaraan yang dari arah Sudirman yang hendak ke arah jl MH Thamrin tertahan oleh puluhan ribu buruh.

Diawali oleh mobil komando, para buruh berjalan mengikuti mobil tersebut dengan membentuk barisan. Tampak ratusan bendera yang berkibar oleh hembusan angin.

Sebelumnya diberitakan, 30.000 buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) akan mendatangi kantor presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Rencananya aksi ini diikuti 30.000 orang," kata Ferry, Koordinator Aksi saat ditemui Tribunnews.com di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Kamis (17/10/2013).

Ferry menuturkan, massa aksi akan melakukan longmarch dari Bundaran HI menuju Istana Negara. Adapun buruh yang mengikuti aksi ini berasal dari berbagai daerah di Jabodetabek.

"Massa kali ini adalah buruh yang berasal dari Jakarta, Banten dan sebagian wilayah Jawa Barat," ujarnya.

Ferry mengatakan, buruh mendesak presiden mencabut Inpres Nomor 9 tersebut karena bertentangan dengan Undang-undang nomor 13 tentang pengupahan. Menurut dia, dikeluarkannya Inpres No 9 tersebut telah membatasi upah minimum daerah.

"Kami buruh mau upah yang sesuai, bukan upah murah lagi," tegasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini