News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Rusuh di Gedung MK

Pendukung Rusuh, Diskualifikasi Calon Kepala Daerahnya

Penulis: Eri Komar Sinaga
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Hakim Konstitusi yang dipimpin Hamdan Zoelva (tengah) meneruskan pembacaan putusan sengketa pilkada dalam sidang yang digelar di Mahkamah Konstitusi setelah sebelumnya ditunda akibat kerusuhan, Jakarta, Kamis (14/11/2013). Sebelumnya terjadi kerusuhan dalam sidang sengketa Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur di Mahkamah Konstitusi yang dilakukan oleh salah satu pendukung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Maluku. (TRIBUNNEWS/DANY PERMANA)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pakar hukum tata negara, Irman Putra Sidin, mengatakan kerusuhan saat sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) kepala daerah provinsi Maluku bisa menjadi preseden bagi calon kepala daerah lainnya yang bersengketa di MK.

Irman menyarankan agar Mahkamah Konstitusi (MK) menjatuhkan sanksi diskualifikasi bagi calon kepala daerah yang tidak bisa mengontrol pendukungnya saat persidangan di MK. Diskualifikasi tersebut karena pendukung pasangan calon melakukan penghinaan terhadap peradilan (contempt of court).

"Bisa menjadi ancaman bagi seluruh calon kepala daerah kejadian seperti itu. Tim pasangan calon membuat kerusuhan yang bisa didiskualifikasi sebaga calon kepala daerah. MK jangan ragu melakukan diskualifikasi," ujar Irman saat dihubungi, Jakarta, Jumat (15/11/2013).

Irman sendiri mengaku sangat menyayangkan tindakan anarkis yang dipertontonkan pendukung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur provinsi Maluku saat menyerbu ruang sidang yang sedang berlangsung.

Irman mengaku Hamdan Zoelva yang baru dilantik menjadi ketua MK memikul tanggung jawab besar karena dia memimpin MK saat MK sedang terpuruk.

"Pertama yang harus dilalui adalah dengan MK bisa lebih tegas, percaya diri. MK bisa segera bisa memulihkan kepercayaan publik. MK bisa melakukan viedeo conferens untuk bisa menayangkan pemohon di daerah agar nggak usah ke Jakarta. MK bekerja sama dengan perguruan tinggi di Indonesia," kata Irman.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini