News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ratu Atut Tersangka

Apakah Keluarga Atut Pegang Buku Silsilah Keturunan Sultan?

Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Tersangka Ratu Atut Chosiyah meninggalkan Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta Selatan, Jumat (20/12/2013). Gubernur Banten tersebut langsung ditahan KPK seusai menjalani pemeriksaan terkait dugaan suap terhadap Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Akil Mochtar dalam sengketa Pemilu Kepala Daerah Kabupaten Lebak, Banten. Kompas/Lucky Pransiska

Laporan wartawan Wartakotalive.com, Theo Yonathan Simon Laturiuw

TRIBUNNEWS.COM, SERANG - Di Banten ada banyak pemakai nama Tubagus dan Ratu. Mereka yang memakai nama itu adalah Keturunan Sultan Banten. Termasuk keluarga Ratu Atut Chosiyah, juga Keturunan Sultan Banten.

Tapi ternyata tak semuanya punya buku silsilah Keturunan Sultan Banten. Buku itu diwariskan turun temurun. Tapi tak semua Keturunan Sultan Banten yang hidup sekarang memegang buku silsilah itu. Hanya segelintir yang punya. Apakah Keluarga Ratu Atut punya buku silsilah itu?

Mereka yang punya buku silsilah itu biasanya tahu persis mereka yang hidup sekarang berada di keturunan ke berapa Sultan Banten.

Tubagus Royani (58) adalah salah satu keturunan Sultan Banten yang masih memegang buku silsilah Keturunan Sultan Banten itu.

Makanya Royani tahu persis Dia adalah keturunan ke-17 Sultan Banten ke-2, Sultan Maulana Yusuf.

Royani menceritakan itu saat ditemui Wartakotalive.com di Makam Sultan Maulana Yusuf di Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Kamis (19/12/2013). Dia adalah salah satu penjaga makam disana.

Royani mengatakan, buku silsilah Keturunan Sultan Banten ini hanya diwariskan turun temurun diantara anak pertama Sultan saja. Makanya sedikit yang memegang buku silsilah.

Dia mencontohkan, dari Sultan Maulana Yusuf, maka yang kemudian diwariskan buku silsilah itu hanya anak pertama saja.

Begitupula selanjutnya, anak Sultan Maulana Yusuf berikutnya hanya mewariskan buku silsilah itu ke anak pertamanya.

Tapi kemudian di beberapa masa buku itu pernah dicetak ulang, lalu dipegang oleh beberapa anak Sultan.

Baru kemudian buku silsilah itu diwariskan ke anak-anak pertama dari Sultan berikutnya. Makanya sekarang adapula yang memegang buku silsilah itu walau bukan dari keturunan anak pertama Sultan. Tapi tetap hanya sedikit Keluarga Sultan Banten yang masih menyimpan buku Silsilah itu.

Royani mengatakan buku silsilah Sultan Banten itu kecil. Hanya seperti buku saku. Disitu digambarkan pohon keluarga disetiap halaman. Lalu ada pula penjelasan arti dari setiap nama-nama anak.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini