News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kepala SKK Migas Ditangkap

Kubu Rudi: Meski Didesak Sekjen ESDM Karen Kukuh Tolak Setor Upeti

Penulis: Edwin Firdaus
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina, Karen Agustiawan usai menjalani pemeriksaan di Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (27/1/2014). Pemeriksaan yang berlangsung sekitar 12 jam tersebut terkait gratifikasi dalam Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk tersangka Waryono Karno. Warta Kota/Henry Lopulalan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pegacara Rudi Rubiandini, Rusdy A Bakar membenarkan adanya percakapan melalui telepon antara kliennya dengan Direktur Utama PT Pertamina, Karen Agustiawan mengenai setoran upeti ke Komisi VII DPR. Kendati didesak, Karen dalam rekaman tersebut bersikukuh tak mau memberikannya.

"Betul, bu Karen memang keberatan, dia enggak mau (setor uang). Waktu dihubungi lagi memang bu Karen terus menolak," kata Rusdy di kantor KPK, Jakarta, Rabu (29/1/2014).

Menurut Rusdy, inisiatif meminta ke Karen itu bukan dari kliennya. Sebab, lanjut dia Rudi yang saat itu masih menjabat sebagai Ketua SKK Migas hanya diperintahkan Sekretaris Kementerian ESDM, Waryono Karno.

"Pak Rudi hanya menyampaikan apa yang diminta Pak Waryono Karno itu saja," kata Rusdi.

Meski begitu, Rusdy tak mau berspekulasi Rudi kerap diperalat oleh pihak Kementerian ESDM atau tidak. Namun, ihwal permintaan upeti untuk Komisi VII DPR dalam rekaman sadapan tersebut, merupakan permintaan Waryono.

"Ya memang kalau diperalat ya begitulah namanya, tapi dia (Rudi) hanya menyampaikan apa yang dimau pak Waryono Karno ke bu Karen untuk ikut memberikan untuk istilahnya 'tutup gendang' atau bagaimana itu," kata Rusdy.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini